Ahad 28 Nov 2021 17:26 WIB

Satgas Nemangkawi Belum Tingkatkan Pengamanan Jelang HUT OPM

OPM rencananya bakal menggelar upacara serentak pada 1 Desember di tiap markas.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Satgas Nemangkawi bertugas di Papua.
Foto: Antara
Satgas Nemangkawi bertugas di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaops Nemangkawi, Brigjen Ramdani Hidayat mengatakan, pihaknya belum menambah jumlah personel keamanan di Papua menjelang peringatan HUT OPM. Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) jatuh pada tanggal 1 Desember.

"Tidak ada pengerahan dan penambahan personel," kata Ramdani saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (28/11).

Baca Juga

Meski demikian, ia menegaskan, Satgas Nemangkawi akan tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi pada HUT OPM. "Lebih waspada saja dan monitor giat masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom mengungkapkan, pihaknya bakal menggelar upacara peringatan HUT OPM. Ia menyebut, kegiatan pada tanggal 1 Desember itu akan dilakukan serentak di seluruh markas TPNPB-OPM yang tersebar di dalam dan luar negeri.

"Semua markas dibawah Komando Nasional TPNPB OPM akan lakukan upacara di setiap markas, yaitu di 34 Kodap di seluruh Tanah Papua dan di luar negeri," ungkap Sebby kepada Republika.co.id.

Selain itu, menurut dia, Ketua Badan Diplomatik TPNPB-OPM, Akouboo Amatus Douw bersama pendukung Papua Merdeka akan melakukan upacara secara internasional. Kegiatan itu, jelas dia, bakal disiarkan secara langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement