Senin 29 Nov 2021 10:58 WIB

Desainer Off-White Virgil Abloh Meninggal Akibat Kanker

Abloh mendefinisikan ulang ide perancang busana modern.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Desainer Virgil Abloh
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Desainer Virgil Abloh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perancang busana Virgil Abloh meninggal dunia setelah menderita kanker. Pria berusia 41 tahun itu, merupakan Direktur Kreatif Louis Vuitton dan Off-White. Menurut info di akun Instagram resminya, ia menderita angiosarcoma jantung, bentuk penyakit agresif yang langka.

"Kami sangat sedih harus mengumumkan meninggalnya Virgil Abloh yang kami cintai. Dia memilih untuk menanggung pertempurannya secara pribadi sejak diagnosisnya pada 2019," tulis akun tersebut, Senin (29/11).

Baca Juga

Ia menjalani berbagai perawatan yang sangat menantang, sambil memimpin beberapa institusi penting yang mencakup mode, seni, dan budaya. Melalui semua itu, etos kerja, rasa ingin tahu yang tak terbatas, dan optimismenya tidak pernah goyah.

“Virgil didorong oleh dedikasinya pada keahliannya dan misinya untuk membuka pintu bagi orang lain, dan menciptakan jalur untuk kesetaraan yang lebih besar dalam seni dan desain. Dia sering berkata, 'Semua yang saya lakukan adalah untuk versi diri saya saat berusia 17 tahun', sangat percaya pada kekuatan seni untuk menginspirasi generasi mendatang,” tulis akun itu lebih lanjut.

Abloh mendefinisikan ulang ide perancang busana modern, menambahkan DJ, artis, dan perancang furnitur ke gudang kreatifnya. Setelah pelatihan sebagai seorang arsitek, ia mulai merancang pakaian pada 2012. Desain pertamanya, adalah sebuah sablon pada kemeja rugby Ralph Lauren.

Ia juga berkolaborasi dengan semua orang mulai dari Nike hingga Ikea, Perrier, dan Mercedes-Benz. Ia membawa mode ke arena yang belum pernah ada sebelumnya, melakukan silang kolaborasi dengan bidang lain. “Ketika saya tampil di pekan mode, orang-orang berkata, 'Itu bukan mode',” kata dia mengatakan kepada Observer pada 2019.

Pada 2013 dia mendirikan labelnya sendiri, Off-White, dan ditunjuk sebagai kepala desain pakaian pria di Louis Vuitton pada 2018. Dia adalah desainer kulit hitam pertama di Vuitton dan desainer kulit hitam paling populer di dunia fashion.

Abloh juga merupakan sosok yang sangat menonjol dalam rap, ia merancang beberapa sampul album termasuk album Kanye West dan Jay-Z Watch the Throne, serta My Beautiful Dark Twisted Fantasy milik West, dan sampul untuk Pop Smoke, Westside Gunn, Octavian, dan Lil Uzi Vert.

Dia bekerja sama dengan West sebelum menjadi perancang busana. "Saya memiliki semua ide dan Virgil dapat merancangnya karena dia adalah arsitek yang sebenarnya," ucap rapper itu dalam sebuah wawancara.

Gigi Hadid, Hailey Bieber, dan Justin Timberlake termasuk di antara bintang-bintang yang memberikan penghormatan kepada pemikir kreatif itu.

Supermodel Hadid membagikan serangkaian foto mereka saat bersama. “Saya patah hati dengan kehilangan teman tersayang saya, dan seorang teman bagi dunia, Virgil Abloh. Dia adalah 1 dari 1 orang, dan kamu akan terus menginspirasi saya setiap hari, V. Saya merasa diberkati dan dihormati setiap saat,” tulis dia pada caption foto tersebut.

“Apa yang bisa kita katakan ketika kekuatan seperti Virgil Abloh diambil terlalu cepat? Dia memberi dunia begitu banyak, dalam waktu yang sangat singkat. Dan diciptakan untuk memberi tahu kita semua bahwa hidup ini singkat, tetapi segala sesuatu mungkin terjadi. Saya merasa terhormat telah mengenalmu. Terima kasih telah membagikan hadiahmu kepada kami,” tulis Timberlake.

Hailey berbagi foto dirinya dengan Abloh dalam gaun pengantin yang dirancangnya untuk pernikahannya dengan Justin Bieber. “Dia adalah seseorang yang selalu membawa kehidupan, karisma, cinta, dan kesenangan dalam situasi apa pun, dan setiap ruangan yang dia masuki. Pikiran kreatif seperti itu yang datang hanya sekali dalam satu generasi itu, sangat langka dan saya tidak akan pernah melupakan pengaruhnya. Kami mencintaimu, Virgil,” tulis Hailey.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement