Senin 29 Nov 2021 17:48 WIB

Jelang Kunjungan Presiden, Israel Perketat Pasukan di Masjid

Israel memperketat pasukan di Masjid Ibrahimi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Jelang Kunjungan Presiden, Israel Perketat Pasukan di Masjid. Presiden Israel Isaac Herzog berbicara di kediaman presiden di Yerusalem, Rabu, 7 Juli 2021.
Foto: AP/Tsafrir Abayov
Jelang Kunjungan Presiden, Israel Perketat Pasukan di Masjid. Presiden Israel Isaac Herzog berbicara di kediaman presiden di Yerusalem, Rabu, 7 Juli 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, HEBRON -- Pasukan Israel memperketat tindakan militer mereka di kota Hebron di Tepi Barat yang diduduki pada Ahad (28/11) sebagai persiapan kunjungan Presiden Israel Isaac Herzog ke Masjid Ibrahimi. Pasukan Israel dikerahkan di sekitar masjid yang juga dikenal sebagai Gua Para Leluhur itu.

Tidak hanya itu, saksi mata mengatakan mereka juga menyerang demonstran Palestina yang memprotes kunjungan tersebut. Direktur Masjid Ibrahimi, Hafez Abu Snina, mengatakan kepada The New Arab, bahwa presiden Israel akan berpartisipasi dalam perayaan Festival Cahaya Yahudi dan menyalakan Menorah Hanukkah.

Baca Juga

Abu Snina mengatakan tentara Israel telah banyak dikerahkan di dalam dan di sekitar Masjid Ibrahimi. Menurutnya, Herzog akan tiba pada Sore pada Ahad (28/11) waktu setempat.

Dia mengatakan kunjungan Herzog adalah bagian dari upaya Israel untuk menguasai Masjid Ibrahimi dan mengubah identitasnya. "Kami sedang berkomunikasi dengan Komite Warisan Dunia UNESCO tentang apa yang terjadi di daerah tersebut, terutama setelah komite menganggap Masjid Ibrahimi sebagai situs warisan Palestina empat tahun lalu," kata Abu Snina, dilansir di The New Arab, Senin (29/11).

"Apa yang terjadi terhadap tempat suci kami tidak mengejutkan, tetapi datang dalam konteks serangan berulang dan penargetan Masjid Al-Aqsa dan Masjid Ibrahimi, untuk mengendalikan mereka sesuai dengan ambisi permukiman Israel," tambahnya.

photo
Pasukan Israel berjaga di sekitar Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat, Palestina. - (WAFA)

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(QS. Al-An'am ayat 99)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement