Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

BTS: Ada Dinding untuk Artis Korea di Industri Musik Global

Senin 29 Nov 2021 16:46 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Grup K-pop BTS meraih tiga penghargaan American Music Awards 2021.

Grup K-pop BTS meraih tiga penghargaan American Music Awards 2021.

Foto: AP
BTS memenangkan penghargaan tertinggi di American Music Awards (AMAs).

REPUBLIKA.CO.ID, INGLEWOOD — Leader BTS, RM mengatakan merasa ada “tembok” antara grupnya di industri musik global, meskipun mereka memenangkan penghargaan musik di AS. Pernyataan itu mengacu pada kegagalan grup itu memenangkan nominasi untuk empat Grammy teratas beberapa waktu lalu.

BTS telah memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 berturut-turut dan memenangkan penghargaan tertinggi di American Music Awards (AMAs). "Kami mendapatkan penghargaan artis AMAs tahun ini dan nominasi Grammy, yang sangat berarti bagi seorang artis. Tetap saja, saya merasa ada dinding tak kasat mata, seperti identitas kita sebagai seniman yang memulai karir di Korea Selatan dan keterbatasan bahasa,” kata RM dalam konferensi pers di Stadion SoFi di Inglewood, AS dilansir Yonhap News, Senin (29/11).

Baca Juga

Pada pekan lalu, grup Korea Selatan ini memenangkan Artist of the Year di 2021 AMAs dan mendapatkan nominasi Grammy untuk tahun kedua berturut-turut, setelah menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100, termasuk "Butter" dan "Permission to Dance”.

Terlepas dari keterbatasan, RM mengatakan BTS selalu bekerja keras dan percaya pada momen-momen kecil yang membawa keajaiban sampai sekarang. BTS membuka konser tatap muka pertamanya dalam dua tahun di AS pada Sabtu (27/11).

Konser pertama menarik sekitar 50 ribu penggemar, tak hanya dari Amerika saja. RM menganggap konser ini merupakan awal dari babak baru BTS. Pandemi dua tahun terakhir telah menjadi masa yang sulit bagi BTS dan para penggemarnya, ARMY.

"Melalui konser ini, kami ingin menunjukkan kepada kalian bagaimana BTS telah berkembang selama dua tahun terakhir,” ujar pemilik nama Kim Nam-joon itu.

Konser ini di menandai konser non-virtual pertama septet itu sejak 2019, ketika mereka tampil di Seoul, Korea Selatan. BTS membuka acara dengan membawakan lagu-lagu mega-hit, termasuk "Dynamite" dan "Butter”. Konser BTS telah menciptakan gebrakan di antara fandom globalnya, ARMY, dan semua tiket konser telah terjual habis. Grup ini mengadakan tiga konser lagi berjudul "BTS Permission To Dance On Stage - LA" pada Ahad (28/11), Rabu (1/12), dan Kamis (2/11) waktu AS di Stadion SoFi. 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile