Selasa 30 Nov 2021 20:30 WIB

Klaster Lokal dan Industri Pangan Solusi Atasi Pengangguran

Pemerintah perlu menyiapkan peta pangan untuk mengidentifikasi potensi setiap daerah.

Red: Irwan Kelana
Industri berbasis pertanian sangat potensial dikembangkan untuk ketahanan pangan nasional.
Foto: Kementan
Industri berbasis pertanian sangat potensial dikembangkan untuk ketahanan pangan nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengatakan klaster pangan lokal berdasarkan pulau dan komoditasnya sangat dibutuhkan  Indonesia. Dan jika mampu di-upgrade menjadi industri strategis nasional, ia percaya Indonesia bisa menemukan solusi untuk mengatasi masalah pengangguran di negeri ini.

Menurut Rapsel, kondisi tanah yang bagus dan status Indonesia sebagai negara beriklim tropis membuat berbagai jenis tanaman bisa tumbuh dengan subur di negeri ini. Demikian pula dengan ternak. Makanya, pemerintah,  kata dia,  hanya perlu menyiapkan peta pangan untuk mengidentifikasi potensi setiap daerah. 

Dan kalau masing-masing daerah memiliki potensi tanaman dan hasil pangan sendiri, itu akan menempatkan Indonesia sebagai pemain penting atau bahkan bisa menjadi pemain utama lumbung pangan dunia.

“Indonesia bukan hanya sebagai super hub pangan internasional tapi juga akan ada jaminan terkait ketercukupan gizi nasional sehingga kemandirian pangan nasional benar-benar dapat tercapai,” kata Rapsel, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (29/11).