Rabu 01 Dec 2021 04:43 WIB

Saudi Kecam Kunjungan Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi

Saudi menyebut kunjungan Presiden Israel pelanggaran mencolok.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Saudi Kecam Kunjungan Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi. Presiden Israel Isaac Herzog memaksa masuk ke Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat, Senin (29/11). Ia melakukan kunjungan untuk merayakan salah satu festival umat Yahudi, Hanukkah.
Foto: Anadolu Agency
Saudi Kecam Kunjungan Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi. Presiden Israel Isaac Herzog memaksa masuk ke Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat, Senin (29/11). Ia melakukan kunjungan untuk merayakan salah satu festival umat Yahudi, Hanukkah.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi mengecam kunjungan Presiden Israel Isaac Herzog ke Masjid Ibrahimi di Tepi Barat pada Selasa (30/11). Arab Saudi menyebut tindakan itu sebagai pelanggaran mencolok terhadap kesucian tempat tersebut.

Arab Saudi meminta masyarakat internasional untuk bersama-sama memikul tanggung jawabnya untuk menghentikan pemerintah Israel dan rencananya itu. 

Baca Juga

Arab Saudi melalui Kementerian luar negerinya, meminta masyarakat internasional untuk bersama-sama memikul tanggung jawab menghentikan rencana pemerintah Israel dan pejabatnya menuju situs suci umat Islam.

Presiden Israel Isaac Herzog mengunjungi situs itu pada Ahad (28/11) untuk merayakan hari raya Yahudi Hanukkah, yang memicu bentrokan antara pasukan keamanan Israel dan pengunjuk rasa.

Herzog mengatakan dia mengunjungi Gua Para Leluhur, yang dikenal oleh umat Islam sebagai masjid Ibrahimi, di Hebron untuk merayakan masa lalu kota kuno Yahudi dan mempromosikan hubungan antaragama.

Namun kunjungannya ke kota itu, yang dikenal dengan komunitas pemukim Yahudi ultranasionalisnya yang kecil dan kondisi kehidupan yang sulit bagi warga Palestina, menuai kecaman luas dari warga Palestina dan sayap kiri Israel.

 

https://www.arabnews.com/node/1977906/saudi-arabia

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.

(QS. Al-Ma'idah ayat 32)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement