Rabu 01 Dec 2021 18:01 WIB

Deodoran Bikin Ketiak Hitam? Ini Cara Mengatasinya

Dokter kulit menjelaskan bagaimana deodoran berbasis alkohol menggelapkan ketiak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Benarkah deodoran bisa bikin ketiak jadi hitam? (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Benarkah deodoran bisa bikin ketiak jadi hitam? (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketiak gelap bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman atau malu. Penyebab bagian kulit di bawah lengan menjadi gelap dapat diakibatkan deodoran, antiperspiran, hingga melasma. 

Dokter kulit, Madhuri Agarwal, turut menjelaskan bagaimana deodoran berbasis alkohol dapat menggelapkan ketiak seseorang. “Meskipun terdengar menjengkelkan, itu memang benar, dan itu sebuah siklus,” kata dia seperti dilansir di Indian Express, Rabu (1/12).

Baca Juga

Ahli menjelaskan, deodoran menyebabkan penggelapan kulit karena hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Ini terjadi karena iritasi atau kerusakan kulit. “Hiperpigmentasi menyebabkan produksi melanin alias pigmen penggelapan kulit dan penggelapan telah dimulai,” ujarnya.

Kabar baiknya, dokter juga membagikan beberapa solusi cepat dan efektif untuk mencerahkan ketiak. Cara ini juga dapat menenangkan radang kulit maupun mencerahkan ketiak yang berubah warna. Berikut tiga cara efektif mencerahkan ketiak.

1. Lidah buaya

Cara pertama, Anda bisa memanfaatkan daun lidah buaya segar. Ekstrak gel-nya dapat dioleskan pada ketiak selama 15-20 menit. Biarkan kering lalu cuci. Cara ini dapat dilakukan dua hari sekali untuk hasil yang efektif.

Pastikan telah membersihkan area berpigmen di ketiak. Jika mencukur bulu ketiak, pastikan tidak mencukur kering karena akan menambah iritasi kulit.

2. Krim pencerah

Gunakan krim pencerah yang mengandung hydroquinone, niacinamide, retinol, azelaic acid, atau kojic acid. Ini akan membantu untuk mencerahkan bagian yang lebih gelap.

3. Peel dan laser

Peel dan laser adalah perawatan cepat dan aman yang dilakukan di klinik dokter kulit. Hasil dari perawatan umumnya bisa terlihat dalam jangka waktu lebih cepat. Klinik kecantikan biasanya menawarkan peralatan atau teknologi maupun produk yang dapat membantu memberi hasil optimal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement