Rabu 01 Dec 2021 20:55 WIB

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Setelah Makan

Tiga hal ini tidak boleh dilakukan setelah makan demi hindari masalah kesehatan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Tiga hal ini tidak boleh dilakukan setelah makan demi hindari masalah kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Tiga hal ini tidak boleh dilakukan setelah makan demi hindari masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK -- Banyak beraktivitas setelah makan tidak berakibat baik bagi kesehatan Anda. Bahkan jangan coba-coba berolahraga di saat Anda baru saja menyelesaikan makan.

Berikut ini adalah tiga hal yang harus Anda hindari setelah makan dilansir dari Livestrong pada Rabu (1/12). Dengan menjalankan tiga saran ini diharapkan Anda terhindar dari masalah kesehatan setelah makan.

Baca Juga

1. Sikat Gigi 

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi manusia yang ingin membersihkan gigi setelah makan. Namun makanan jenis tinggi karbohidrat dan gula seperti soda, roti, kue, dll menyebabkan bakteri tertentu terbentuk di mulut Anda menurut Mayo Clinic. Jenis bakteri ini menyerang email gigi. Sehingga menyikat gigi tepat setelah makan jenis makanan ini dapat membantu mencegah bakteri ini berkembang biak. 

Tetapi Anda harus menghindari menyikat gigi setelah makan yang asam seperti anggur atau buah jeruk. Disarankan ada jeda waktu 30 menit untuk sikat gigi setelah makan jenis yang asam karena sebenarnya dapat merusak email dalam keadaan yang sudah melemah.

Sebagai gantinya, sikat gigi Anda sebelum makan yang asam dan minum segelas air setelahnya untuk membantu membersihkan asam dari mulut Anda. 

2. Tidur

Tidur tepat setelah makan tidak membantu Anda dalam menghindari mulas dan mendapatkan tidur berkualitas. Menurut ahli di Mayo Clinic, Anda harus menunggu setidaknya tiga jam setelah makan (termasuk makanan ringan) sebelum berbaring. Alasannya, pencernaan harus dilakukan saat berada dalam posisi vertikal, bukan horizontal. 

Saat kita makan, makanan berada di perut seperti unit penyimpanan jangka pendek. Dan jika berbaring, kita tidak lagi memiliki gravitasi yang bekerja untuk membantu makanan dan asam lambung tersebut terus bekerja turun. 

Sebaliknya, lebih mudah bagi makanan dan asam untuk mengalir kembali ke kerongkongan dimana pada saat itulah Anda mengalami mulas. 

3. Berolahraga 

Berolahraga atau berkegiatan terlalu aktif setelah makan bukanlah ide yang baik jika ingin menghindari sakit perut atau kram otot. Jika Anda makan dalam porsi besar, tunggu tiga hingga empat jam sebelum berolahraga. Jika Anda memiliki camilan atau makanan kecil, tunggu satu hingga dua jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement