Kamis 02 Dec 2021 01:33 WIB

Polisi Pasang Barikade Tutup Kawasan Patung Kuda-Monas

Pemasangan barikade dilakukan guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah kusir delman menunggu penumpang di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (29/10/2020). Pemasangan barikade di kawasan Patung Kuda-Monas dilakukan guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212. Ilustrasi.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA
Sejumlah kusir delman menunggu penumpang di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (29/10/2020). Pemasangan barikade di kawasan Patung Kuda-Monas dilakukan guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Petugas Polda Metro Jaya memasang barikade di sejumlah titik menuju kawasan Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Pemasangan barikade dilakukan guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212.

Pantauan Antara di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Kamis (2/12) dini hari, polisi mulai memasang barikade berupa kawat berduri pada Rabu mulai pukul 24.00 WIB. Selain menggunakan kawat berduri, petugas juga menutup jalur protokol itu menggunakan pembatas jalan berwarna oranye.

Baca Juga

Tak hanya dari kepolisian, sejumlah anggota TNI dan Satpol PP DKI juga berpartisipasi memasang barikade. Mereka juga memasang papan bertuliskan "Pengalihan Arus Kawasan Terbatas". Petugas gabungan tersebut bersiaga di seluruh titik kawasan Monas dan Patung Kuda.

Sejumlah pengendara terlihat harus memutar kendaraan mencari jalur lain karena penutupan jalan tersebut. Penutupan jalan di kawasan Monas dan Patung Kuda meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran dan Jalan Museum.

Petugas memberlakukan penutupan jalan mulai Rabu pukul 24.00 WIB hingga Kamis pukul 21.00 WIB. Terkait penutupan itu, dilakukan rekayasa lalu lintas mulai dari arah Jalan Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan menuju Jalan Kebon Sirih. Kemudian, kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis langsung lurus menuju Harmoni karena Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Museum tutup.

Kendaraan dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Selatan dan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Riswan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur atau yang mengarah Gereja Katedral atau Masjid Istiqlal. Jalur dari Harmoni dibelokkan ke Jalan Juanda dan dari arah barat yakni Tomang diluruskan atau belok ke kiri ke arah Kota Tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement