Kamis 02 Dec 2021 14:33 WIB

Humas Pemerintah Dapat Berperan Aktif Bangun Reputasi

Tantangan kehumasan pemerintahan saat ini adalah meraih kepercayaan publik.

Red: Budi Raharjo
Ilustrasi pranata humas pemerintah.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi pranata humas pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuntutan untuk terus berinovasi serta beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi sangat cepat menjadi tantangan yang harus dihadapi di era disrupsi saat ini. 

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, menyampaikan salah satu tantangan kehumasan pemerintahan saat ini adalah meraih kepercayaan publik. Dibutuhkan upaya khusus untuk meraih kepercayaan publik terutama saat mengeluarkan kebijakan yang tidak populer. 

“Transparansi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah agar memperoleh kepercayaan publik,” ujar Usman dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) dengan tema 'Tantangan Pranata Humas di Era Disrupsi' di lingkungan instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Menurut Usman peran strategis humas pemerintah bukan hanya pada diseminasi atau penyebaran informasi saja. Tetapi juga perlu menyerap aspirasi publik agar terjalin komunikasi yang baik antara publik dan pemangku kepentingan lain termasuk pemerintah.