Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Jangan Khawatir, Vaksin Disebut Efektif Hadapi Omicron

Kamis 02 Dec 2021 14:02 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ilham Tirta

Gejala Ringan tak Lazim Pasien Omicron

Gejala Ringan tak Lazim Pasien Omicron

Foto: Infografis Republika.co.id
Vaksin lengkap dan penerapan protokol kesehatan menjadi kunci melawan Omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varian baru Covid-19, Omicron kini membuat banyak negara kalang kabut, tidak terkecuali Indonesia. Pengajar Biologi Molekuler Universitas Yarsi, Ahmad Rusdan Handoyo menilai meski Omicron kini menjadi ancaman, efektivitas vaksin Covid-19 masih bagus.

"Insya Allah vaksin Covid-19 masih bagus untuk Omicron. Jadi, tidak usah pilih-pilih vaksin karena yang penting mendapatkan dosis lengkap," ujarnya saat mengisi konferensi virtual bertema Jelang Natal Tahun Baru (Nataru), Waspada Omicron, Kamis (2/12).

Baca Juga

Ia mengungkapkan data yang menarik. Orang-orang yang tak mengetahui telah terinfeksi Covid-19, kemudian mendapat vaksin, maka kekebalan tubuhnya semakin bagus, bahkan luar biasa dan super immunity. "Vaksin Covid-19 aman. Jangan lupa divaksin karena gratis," ujarnya.

Namun, ia mengingatkan jangan hanya melakukan vaksinasi. Gunakan juga masker yang benar dan tepat yang melindungi hidung, mulut, hingga dagu.  "Kalau setelah makan ingin ngobrol tunggu dulu, habis makan pakai masker kemudian baru ngobrol," ujarnya.

Ia juga menyarankan agar memilih beraktivitas di tempat terbuka. Sebab, masih ada peluang terinfeksi virus ini jika tak melakukan protokol kesehatan. Apalagi, Covid-19 kini mulai menginfeksi usia lebih muda sejak ada varian Delta.

"Mungkin anak muda yang terinfeksi virus ini mengalami gejala ringan, tetapi ada lanjut usia atau yang punya penyakit penyerta (yang bisa tertular). Kemudian bisa menularkan kepada mereka yang belum divaksin, ini yang menjadi perhatian," katanya.

Ia juga mengingatkan, varian Delta ataupun varian lain setelah ini pasti menyasar yang belum divaksin. Karena itu, ia mengingatkan tetap gunakan masker dan lakukan protokol kesehatan meski telah divaksin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile