Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Malaysia Deteksi Kasus Omicron Pertama Sebelum Afsel

Jumat 03 Dec 2021 07:49 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Bendera Malaysia (ilustrasi). Kasus Omicron di Malaysia ditemukan pada mahasiswa yang tiba dari Afsel.

Bendera Malaysia (ilustrasi). Kasus Omicron di Malaysia ditemukan pada mahasiswa yang tiba dari Afsel.

Foto: Reuters/Bazuki Muhammad
Kasus Omicron di Malaysia ditemukan pada mahasiswa yang tiba dari Afsel

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Malaysia mengonfirmasi kasus pertama varian Covid-19 baru, Omicron, Jumat (3/12). Pihak berwenang Malaysia meyakini kasus ini diperoleh sebelum Afrika Selatan (Afsel) mengumumkan varian Omicron pekan lalu.

Kasus Omicron terdeteksi pada seorang perempuan berusia 19 tahun yang tiba dari Afrika Selatan (Afsel) melalui Singapura pada 19 November. Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan perempuan tersebut adalah seorang mahasiswa di sebuah universitas swasta di Ipoh, Perak. Dia telah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 sebelumnya.

Baca Juga

"Mahasiswa tersebut dikarantina selama 10 hari sebelum dibebaskan pada 29 November," ujar Khairy seperti dilansir laman Strait Times, Jumat (3/12).

Khairy mengatakan otoritas kesehatan menguji ulang sampel positif mahasiswa tersebut. Ini dilakukan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Omicron sebagai varian kekhawatiran pada 24 November. Lima orang lain yang berada di kendaraan yang sama dengan wanita itu sebelum karantina semuanya dinyatakan negatif.

"Penting untuk dicatat bahwa kasus ini masuk ke Malaysia pada 19 November sebelum Afrika Selatan melaporkan kasus pertama ke Organisasi Kesehatan Dunia," kata Khairy.

"Setelah kami mengetahui tentang Omicron, kami kembali melakukan tes genom pada semua kasus positif dari Bandara Internasional Kuala Lumpur antara 11 dan 28 November. Begitulah cara kami mendeteksi kasus tersebut," ujarnya menambahkan.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile