REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh hampir berbagai kalangan, mulai dari perusahaan besar hingga jenama lokal atau UMKM yang tengah merintis. Tak sedikit juga yang harus gugur karena berbagai keterbatasan di tengah pandemi.
Menurunnya angka penjualan, sementara ongkos produksi terus berjalan, jadi salah satu penyebab cukup banyak jenama lokal yang harus gulung tikar.
Memang tidak bisa dimungkiri, di era serba digital seperti sekarang ini, pelaku UMKM yang ingin maju harus mau dan bisa beradaptasi. Mengelola sumber daya dengan baik, memanfaatkan beragam channel hingga menyusun strategi yang tepat.
Salah satu jenama lokal yang mampu beradaptasi dan meraup untung di tengah pandemi Covid-19 ini adalah Hiasan Dinding Kayu (HDK). UMKM yang digagas oleh Lutfi ini sukses beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital bahkan hingga sukses memasarkan produknya di skala internasional.