Sabtu 04 Dec 2021 06:43 WIB

Digitalisasi Bantu UMKM Terus Akselerasi Hingga Mampu Ekspor

HDK yang didirikan sejak Juni 2018 sukses meraup omzet Rp 500 juta per bulan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi e-commerce. E-commerce membantu para pelaku UMKM berkembang.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi e-commerce. E-commerce membantu para pelaku UMKM berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh hampir berbagai kalangan, mulai dari perusahaan besar hingga jenama lokal atau UMKM yang tengah merintis. Tak sedikit juga yang harus gugur karena berbagai keterbatasan di tengah pandemi.

Menurunnya angka penjualan, sementara ongkos produksi terus berjalan, jadi salah satu penyebab cukup banyak jenama lokal yang harus gulung tikar.

Baca Juga

Memang tidak bisa dimungkiri, di era serba digital seperti sekarang ini, pelaku UMKM yang ingin maju harus mau dan bisa beradaptasi. Mengelola sumber daya dengan baik, memanfaatkan beragam channel hingga menyusun strategi yang tepat.

photo
Hiasan dinding karya HDK - (Dok. Umk)

Salah satu jenama lokal yang mampu beradaptasi dan meraup untung di tengah pandemi Covid-19 ini adalah Hiasan Dinding Kayu (HDK). UMKM yang digagas oleh Lutfi ini sukses beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital bahkan hingga sukses memasarkan produknya di skala internasional.