Sabtu 04 Dec 2021 09:38 WIB

Tips Ibu Siapkan Makanan Bergizi di ObraS KaIN PKK

Makanan sehat itu menu seimbang yang dikonsumsi mengandung protein.

Red: Erik Purnama Putra
Podcast Obrolan Saantai Kader Inspiratif PKK tentang makanan sehat dan bergizi.
Foto: Ist
Podcast Obrolan Saantai Kader Inspiratif PKK tentang makanan sehat dan bergizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu berperan penting menciptakan keluarga yang sehat, berdaya guna, dan bermanfaat demi berlangsungnya kehidupan umat manusia. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menciptakan dan mengatur pola makan keluarga. 

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tri Tito Karnavian menyinggung peran ibu dalam keluarga saat tampil di Podcast Obrolan Santai Kader Inspiratif (ObraS KaIN) PKK yang diwakili Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat Irma Zainal di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Podcast yang dipandu Isti Khoriana Karim tersebut merupakan ObraS KaIN PKK edisi ke-16 yang juga disiarkan streaming di kanal Youtube TP PKK Pusat. Tri Tito Karnavian menuturkan, gizi seimbang adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, serta air dalam jumlah yang cukup.

Makanan bergizi seimbang, lanjut dia, pada prinsipnya mengacu pada 'isi piringku' yang dikampanyekan Kementerian Kesehatan. "Di mana makanan sehat itu merupakan menu yang seimbang. Karena menu seimbang itu pasti menu sehat, akan tetapi menu sehat belum tentu seimbang," ucap Tri dalam siaran di Jakarta, Sabtu (4/12).. 

Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat, Irma Zainal menjelaskan, untuk mendukung capaian tersebut, peran aktif berbagai pihak termasuk PKK diperlukan. "Peran kader PKK hingga tingkat dasa wisma sangat diharapkan dapat berkontribusi dalam membentuk pola makan B2SA hingga di tingkat desa," ujar Irma. 

Selain itu, kata Irma, seluruh pengurus dan kader PKK merupakan agen perubahan sekaligus penggerak untuk menyukseskan dan menggiatkan pola makan dengan memanfaatkan 'Dari Pekarangan ke Meja Makan'. Melalui gerakan itu para ibu dapat menjadikan pekarangan rumahnya untuk menyediakan gizi yang seimbang, tapi tetap memperhatikan kondisi perekonomian keluarga. 

"Pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman adalah aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan," ucap Irma. 

Ahli gizi alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Susianto Tseng menjelaskan, isi piring dalam hidangan makanan harus terdiri dari lauk pauk, buah-buahan, sayuran, dan makanan pokok yang seimbang lainnya. "Selain itu memakan buah dan sayur setiap hari sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta menurunkan kolestrol," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement