Sabtu 04 Dec 2021 16:11 WIB

Saat Melintas di Tol Semarang-Solo, Bus AKAP Musnah Terbakar

Api kali pertama muncul di bagian mesin, hingga menimbulkan kepulan asap tebal

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad
Kondisi bus PO Sudiro Tungga Jaya yang terbakar setelah dievakuasi di area bahu jalan ruas Tol Semarang- Solo, seksi Ungaran Bawen, di KM 433+800 A, Sabtu (4/12) pagi. Dalam peristiwa ini 34 penumpang dan awak bus selamat
Foto: Dokumentasi Warga
Kondisi bus PO Sudiro Tungga Jaya yang terbakar setelah dievakuasi di area bahu jalan ruas Tol Semarang- Solo, seksi Ungaran Bawen, di KM 433+800 A, Sabtu (4/12) pagi. Dalam peristiwa ini 34 penumpang dan awak bus selamat

REPUBLIKA.CO.ID,  UNGARAN—Sebuh bus angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP) terbakar, saat sedang melaju di ruas Tol Semarang- Solo (seksi Ungaran- Bawen), tepanya di KM 433+800 A, Sabtu (4/12) pagi pukul 04.30 WIB.

Meski tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, musibah ini mengakibatkan kerugiaan materiil hingga rausan juta rupiah, setelah armada bus milik Perusahaan Otobus (PO) Sudiro Tungga Jaya (STJ) tersebut ludes terbakar.

Baca Juga

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo yang dikonfirmasi membenarkan peristiwa terbakarnya armada bus PO STJ tersebut. “Benar, peristiwa ini terjadi di ruas tol Semarang- Solo KM 433+300 A (arah Surabaya),” ungkapnya, di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Saat musibah terjadi, jelasnya, bus PO STJ bernomor polisi AD 1521 BU dan dikemudikan oleh  Kukuh, warga Jember, Jawa Timur tersebut tengah mengangkut 34 orang, yang terdiri atas 30 orang penumpang dan empat orang kru bus. “Namun keseluruhan penumpang maupun kru bus tersebut selamat dan bisa dievakuasi keluar dari kabin, sebelum api membakar seluruh bagian bus,” kata Rendi melalui sambungan telepon.

Berdasarkan keterangan penumpang maupun awak bus, sebelumnya bus PO STJ ini berangkat dari Tangerang, Jawa Barat pada Jumat (3/12) malam dengan tujuan Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun saat melintas di lokasi kejadian, bus mengalami kebakaran. “Api kali pertama muncul di bagian mesin, hingga akhirnya menimbulkan kepulan asap tebal di dalam kabin,” jelas Kasatlantas Polres Semarang.

Mengetahui hal itu, pengemudi bus, Kukuh segera mengambil keputusan untuk menghentikan bus yang dikendarainya tersebut dan meminta kepada seluruh penumpang untuk segera keluar dari dalam kabin.

Api yang muncul dari bagian mesin tersebut, selanjutnya terus membesar dan bahkan membakar hampir seluruh bagian bus. “Api baru dapat dikendalikan dua jam berikutnya setelah dua unit mobil pemadam kebakaran milik PT Trans Marga Jateng (TMJ) datang untuk melakukan pemadaman,” jelasnya.

Jajaran Satlantas Polres Semarang yang menerima laporan segara tiba di lokasi kejadian turut membantu proses evakuasi penumpang. “Alhamdulillah, semua penumpang bisa diselamakan dan dalam kondisi sehat,” tegasnya.

Setelah api yang membakar hampir seluruh bagian bus dapat dikuasai, anggota Satlantas Polres Semarang dibantu petugas PT TMJ mengevakuasi badan bus yang terbakar dari badan jalan menuju ke bahu jalan.

“Badan bus yang terbakar segera kami evakuasi ke area bahu jalan agar tidak mengganggu arus lalu lintas di ruas jalan tol tersebut,” tegas Rendi yang memimpin proses evakuasi berssama dengan KBO Lantas Polres Semarang, IPTU Zaenudin serta Kanit Gakkum, IPDA Andy Taufan.

Terkait dengan penyebab kebakaran tersebut, anggota Unit Laka Satlantas Polres Semarang telah berkoordinasi dengan unit INAFIS serta Satreskrim Polres Semarang guna melakukan penyelidikan.

“Yang pasti dalam peristiwa ini nihil korban jiwa dan hanya kerugiaan materiil. Untuk mengaetahui penyebab kebakaran armada bus PO STJ ini, kini dalam penanganan oleh petgas Satreskrim Polres Semarang,” tambah Rendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement