Ahad 05 Dec 2021 00:30 WIB

Tuchel Ungkap Penyebab Kekalahan Chelsea dari West Ham

Chelsea takluk 2-3 dari West Ham dalam laga derby London di Stadion London Sabtu.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pemain Chelsea Thiago Silva (tengah) mencetak gol pembuka timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris melawan West Ham United di Stadion London, Sabtu, 4 Desember 2021. Chelsea akhirnya menelan kekalahan 2-3 dari West Ham United yang disesali pelatih Thomas Tuchel.
Foto: AP/Alastair Grant
Pemain Chelsea Thiago Silva (tengah) mencetak gol pembuka timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris melawan West Ham United di Stadion London, Sabtu, 4 Desember 2021. Chelsea akhirnya menelan kekalahan 2-3 dari West Ham United yang disesali pelatih Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea menelan kekalahan kedua di Liga Primer Inggris musim ini. The Blues tumbang 2-3 di kandang West Ham United, Stadion London, Sabtu (4/12). 

Manajer Chelsea Thomas Tuchel mengatakan, performa timnya sebenarnya sudah cukup untuk bisa memenangkan pertandingan. Namun anak asuhnya malah memberikan gol mudah, yang tidak biasa dilakukan sebelumnya. 

Baca Juga

"Kesalahan besar yang menghasilkan peluang besar dan gol mudah. Kami telah melakukan ini melawan (Manchester) United, Watford dan hari ini," kata Tuchel, dikutip dari Sky Sports, Ahad (5/12).

Pelatih asal Jerman itu juga menilai, kekalahan dalam laga derby London itu karena kesalahan pada detail. Sebab secara keseluruhan, timnya bermain cukup baik, setelah mampu unggul dua kali, sebelum the Hammers kemudian membalikkan keadaan.

Namun kehilangan tiga poin hari ini membuat posisi the Blues di puncak klasemen Liga Inggris tergusur. Liverpool menggantikan Chelsea selepas mengalahkan Wolverhampton Wanderers 1-0 dalam laga setelahnya.

Jika Ahad (5/12) dini hari ini Manchester City menang, maka Chelsea bisa turun ke peringkat tiga. Sebab City akan naik ke puncak menggusur Liverpool 

Dalam kesempatan berbeda kepada BBC, Tuchel mengatakan timnya membuat begitu banyak kesalahan individual. Jika dilakukan dalam tiga pertandingan beruntun, menurutnya wajar jika timnya tak mendapatkan hasil yang diinginkan.

"Kami benci kalah dan kami harus mencernanya sekarang. Ini bukan performa yang harus dibanggakan, tapi secara detail kami harus lebih baik lagi," kata dia.

Namun Tuchel tak menilai kekalahan ini sebagai kiamat untuk Chelsea. Sebab, Liga Inggris musim ini bahkan belum memasuki separuh kompetisi.

"Jika kami memenangkan pertandingan, tidak ada yang akan memberi kami gelar dan jika kami kalah, saya tidak berpikir orang lain akan mendapatkannya (gelar juara) akhir pekan ini," kata Tuchel tenang.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًاۗ وَعْدَ اللّٰهِ حَقًّاۗ اِنَّهٗ يَبْدَؤُا الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيْدُهٗ لِيَجْزِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ بِالْقِسْطِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ
Hanya kepada-Nya kamu semua akan kembali. Itu merupakan janji Allah yang benar dan pasti. Sesungguhnya Dialah yang memulai penciptaan makhluk kemudian mengulanginya (menghidupkannya kembali setelah berbangkit), agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan dengan adil. Sedangkan untuk orang-orang kafir (disediakan) minuman air yang mendidih dan siksaan yang pedih karena kekafiran mereka.

(QS. Yunus ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement