Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Kevin/Marcus Susah Payah untuk Maju ke Final Hari Ini

Sabtu 04 Dec 2021 23:17 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Ganda Putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Ganda Putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Foto: ANTARA/Humas PBSI
laga sempat memanas pada gim ketiga di saat kedudukan 15-13.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke partai final HSBC BWF World Tour Finals 2021. Tiket tersebut diraih setelah mengalahkan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Chinese Taipei) di laga semifinal pada Sabtu (4/12). 

Bertanding di Bali International Convention Center & Westin Resort, Nusa Dua, Marcus/Kevin menang dengan skor 18-21, 23-21, 21-17 atas Lee/Wang lewat pertarungan yang berlangsung selama 1 jam 1 menit.

Baca Juga

Selepas pertandingan, Marcus memberikan apresiasi untuk lawannya pada pertandingan kali ini. Menurut pebulutangkis kelahiran 9 Maret 1991 itu, dirinya menganggap pasangan Lee/Wang kali tampil lebih berbeda. Beberapa kali serangan yang dibangun pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 sempat menyulitkan Marcus/Kevin.

"Mereka bermain dengan tenaga yang cukup banyak, saat bermain terlihat tenaganya kencang banget. Kami sudah mencoba melakukan yang terbaik pada laga ini," ungkap Marcus dalam keterangan tertulis yang diterima republika.co.id, Sabtu (4/12).

Senada dengan Marcus, Kevin juga mengakui bahwa pasangan Lee/Wang lebih baik dari penampilan sebelumnya di penyisihan grup. Kemampuan pasangan ganda putra berperingkat ketiga dunia itu sangat luar biasa pada pertandingan. Keduanya mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga untuk mencoba peruntungan meraih kemenangan di laga ini.

Pada babak penyisihan fase Grup A, Lee/Wang juga menyulitkan The Minions sehingga hanya mampu menang tipis dengan skor 23-21, 21-19 dalam waktu 44 menit.

"Saya juga merasa bahwa mereka lebih baik dari pertemuan sebelumnya. Kami hanya ingin bermain mengeluarkan permainan yang terbaik pada setiap pertandingannya," kata Kevin.

Pada pertandingan ini, laga sempat memanas pada gim ketiga di saat kedudukan 15-13. Pasangan Lee/Wang melancarkan protes kepada wasit karena menganggap shuttlecock menyentuh badan Marcus lebih dulu sebelum keluar lapangan.

Lee/Wang yang merasa bola tersebut mengenai tubuh Marcus kemudian melancarkan protes kepada wasit. Sayang wasit tidak mengubris dan tetap memberikan poin untuk pasangan Marcus.

Marcus pun akhirnya buka suara terkait hal itu. Dirinya tetap menghormati keputusan wasit apapun yang terjadi.

"Sebenarnya mengenai saya, saya sudah bilang kepada wasit kalau shuttlecock terkena saya. Tetapi wasit tetap pada keputusannya. Masa poin dibatalkan," jawab Marcus.

Berkat kemenangan ini, pasangan Marcus/Kevin akan kembali berhadapan dengan pasangan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) di partai final HSBC BWF World Tour Finals 2021.

Pasangan Negeri Matahari Terbit itu kembali melaju ke partai puncak seusai menaklukan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) dengan skor 21-18, 21-15.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile