Senin 06 Dec 2021 12:38 WIB

Pemerintah Serius Dorong UMKM Naik Kelas

UMKM diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
UMKM (ilustrasi)
Foto: UGM
UMKM (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, kebijakan pemerintah bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bukan lagi hanya fokus agar bertahan, tetapi juga bagaimana mewujudkan UMKM masa depan. UMKM diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi nasional. 

“Sekarang bukan lagi berpikir bagaimana UMKM survival, namun menciptakan UMKM bisa berkembang naik kelas dalam arti kata sesungguhnya. Hal itu karena dari struktur ekonomi saat ini, sebesar 99,6 persen ekonomi nasional masih dikuasai usaha mikro,” ujar Teten melalui keterangan resmi, Senin (6/12). 

Baca Juga

Teten menambahkan, penting mengubah struktur ekonomi tersebut, dengan cara mendorong semakin naiknya skala ekonomi mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan menengah menjadi usaha besar. Targetnya membangun struktur ekonomi yang kuat dan UMKM berdaya saing serta membangun sinergi kolaborasi mewujudkan UMKM yang naik kelas bukan hanya jalan di tempat. 

Di banyak negara seperti Jepang, China, maupun Korea Selatan, kontribusi sektor UMKM sudah sangat tinggi. Ini lantaran UMKM dilibatkan dan menjadi bagian dari rantai pasok industri nasional.