Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

2 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jangan Putus Asa, Sholat 5 Waktu Kesempatan Mendapat Ampunan

Selasa 07 Dec 2021 22:20 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Jangan Putus Asa, Sholat 5 Waktu Kesempatan Mendapat Ampunan

Jangan Putus Asa, Sholat 5 Waktu Kesempatan Mendapat Ampunan

Foto: Republika
Sholat lima waktu merupakan cara Allah mengampuni dosa hamba-hamba-Nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang merasa putus asa dan pesimistis mendapat ampunan Allah SWT karena dosa-dosanya. Mereka merasa terus mendurhakai Allah SWT dengan maksiat yang dilakukan berulang kali.

Padahal, Allah SWT menjelaskan dalam Alquran agar tidak berputus asa dari rahmat dan ampunan-Nya. Berbagai amalan baik telah dianjurkan, seperti sholat fardhu yang ternyata merupakan cara Allah mengampuni dosa hamba-hamba-Nya.

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, sholat fardhu yang dilakukan selama lima kali sehari tidak hanya untuk menggugurkan kewajiban. Sholat juga menjadi amalan penting bagi seseorang yang ingin mendapat ampunan. Bahkan ampunan Allah telah dimulai sebelum ritual sholat dilakukan. 

Setidaknya ada lima amalan dalam ibadah sholat yang bernilai ampunan besar jika dilakukan dengan benar oleh seorang Muslim. Amalan-amalan tersebut, sebagai berikut.

Wudhu

Sebuah hadits yang diriwayatkan dari Utsman bin Affan menyebutkan Rasulullah SAW bersabda: 

إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ - أَوِ الْمُؤْمِنُ - فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ - أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ -، فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ -، فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلَاهُ مَعَ الْمَاءِ - أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ - حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنَ الذُّنُوبِ

“Bila seorang Muslim berwudhu, ketika membasuh muka, maka keluar dari wajahnya dosa-dosa yang pernah dilakukan matanya bersama tetesan air yang terakhir. Ketika membasuh kedua tangannya, maka keluarlah setiap dosa yang pernah dilakukan tangannya bersama tetesan air yang terakhir. Ketika membasuh kakinya, maka keluarlah dosa yang dijalani oleh kakinya bersama tetesan air yang terakhir, sampai ia bersih dari semua dosa.” (HR Muslim).

photo
Infografis Tiga Alasan Pentingnya Bersuci - (Republika.co.id)
 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile