Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tanggul Kawasan Dermaga dan Muara Jakut Perlu Ditinggikan

Selasa 07 Dec 2021 16:17 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Wali Kota Jakarta Utara , Ali Maulana Hakim

Wali Kota Jakarta Utara , Ali Maulana Hakim

Foto: Republika/ Desy Susilawati.
Langkah meninggikan dermaga untuk memaksimalkan penanganan rob di wilayah Jakut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan tanggul-tanggul di kawasan dermaga dan muara Jakarta Utara perlu segera ditinggikan. Langkah ini untuk memaksimalkan penanganan rob di wilayah itu.

Secara khusus, Ali menyoroti ketinggian tanggul di Pelabuhan Sunda Kelapa yang menyebabkan limpasan air laut saat pasang masuk sampai ke pemukiman warga RW 08 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. "Kami akan cek juga apakah Pelindo sudah bersurat untuk peninggian, nanti dipastikan, karena ini kan harus ada inisiatif juga dari Pelindo untuk meninggikan dermaga dari Sunda Kelapa ini," kata Ali saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Utara Selasa (7/12).

Baca Juga

Ali menambahkan ada juga tanggul dermaga yang dikelola Pelindo sempat mengalami kebocoran. Namun setelah dicek Senin (6/12), akhirnya ada perbaikan.

"Tanggulnya sudah ada, tapi tanggul lamanya itu, bagian bawahnya kurang kuat, jadi ada kebocoran. Kemarin sudah kami cek, memang ada perbaikan. Itu sedikit, yang besar itu memang di Dermaga Sunda Kelapa," kata Ali.

Selebihnya, adalah tanggul di kawasan muara Penjaringan, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit, serta di Pademangan, yakni di RW08 Ancol, kalau di Cilincing, terdapat di Marunda. "Selebihnya adalah daerah-daerah Muara, yang memang tanggulnya belum ditinggikan. Ini menyambung dengan tanggul yang sedang dibuat. Jadi kalau ini sudah dikerjakan, saya kira, rob sudah bisa ditangani secara maksimal," kata Ali.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile