Rabu 08 Dec 2021 07:06 WIB

Gabungan AstraZeneca dan Moderna Hasilkan Antibodi Kuat

Studi Oxford buktikan gabungan AstraZeneca dan Moderna hasilkan antibodi tinggi.

Red: Nora Azizah
Studi Oxford buktikan gabungan AstraZeneca dan Moderna hasilkan antibodi tinggi.
Foto: AP/Virginia Mayo
Studi Oxford buktikan gabungan AstraZeneca dan Moderna hasilkan antibodi tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh Gumanti Awaliyah

Baca Juga

Menggabungkan dua jenis vaksin berbeda, yakni dosis pertama AstraZeneca dengan dosis kedua Moderna atau Novavax bisa menghasilkan tingkat antibodi dan sel-T yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan dua dosis vaksin AstraZeneca. Ini mengacu pada studi Com-Cov yang dipimpin University of Oxford.

Temuan ini memiliki implikasi penting bagi negara-negara berpenghasilan rendah yang program vaksinasinya belum sukses. Sebab kini, respons sel T terkuat dihasilkan oleh dosis vaksin AstraZeneca diikuti dengan dosis vaksin Novavax, yang keduanya bisa disimpan di lemari es standar.

Studi ini difokuskan untuk menjawab apakah penggabungan vaksin Covid-19 selama jadwal imunisasi primer dapat merusak respons imun keseluruhan atau malah sebaliknya. Studi ini juga meningkatkan keyakinan bahwa menggunakan vaksin Moderna sebagai dosis booster pada individu yang sebelumnya telah menerima suntikan AstraZeneca akan menghasilkan antibodi penetral dan sel-T tingkat tinggi.

“Apa yang kami lihat adalah bahwa ada sejumlah besar fleksibilitas untuk vaksin Covid-19. Jika Anda telah menerima dosis pertama dari vaksin tertentu, Anda bisa menerima vaksin lain untuk dosis kedua,” kata pemimpin studi, Prof Matthew Snape, seperti dilansir dari The Guardian, Rabu (8/12).

Studi melibatkan 1.070 peserta di Inggris yang menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca atau Pfizer, diikuti sembilan minggu kemudian dengan dosis kedua vaksin yang sama, atau suntikan Moderna atau Novavax. Tingkat antibodi penetral 17 kali lebih tinggi di antara mereka yang menerima vaksin AstraZeneca diikuti oleh vaksin Moderna, dan empat kali lebih tinggi di antara mereka yang menerima AstraZenaca diikuti oleh Novavax, dibandingkan dengan mereka yang menerima dua dosis vaksin AstraZeneca.

Bagi mereka yang memulai dengan suntikan Pfizer, menerima suntikan vaksin Moderna dosis kedua menghasilkan antibodi penetral 1,3 kali lebih banyak dibandingkan dengan dua dosis Pfizer. Studi yang dipublikasikan di Lancet, juga mengungkapkan perbedaan respons sel T setelah kombinasi berbagai jenis vaksin.

Dua dosis vaksin AstraZeneca atau Pfizer menghasilkan jumlah sel T yang serupa, menggabungkan vaksin AstraZeneca dengan dosis kedua Moderna menghasilkan sel T 3,5 kali lebih banyak. Dosis kedua Novavax menghasilkan 4,8 kali lebih banyak sel T. Untuk suntikan pertama Pfizer, dosis kedua Moderna menghasilkan sel T 1,5 kali lebih banyak, sedangkan suntikan kedua Novavax menghasilkan lebih sedikit sel T.

“Ini memberi tahu kita bahwa RNA dan viral vector virus melakukan sesuatu yang sangat berbeda dalam hal priming untuk respons sel-T,” kata Snape.

Studi ini juga meneliti dampak dari kombinasi vaksin yang berbeda ini terhadap varian delta dan beta. Dalam semua kasus, ada penurunan tingkat antibodi penetral, tetapi hanya ada sedikit penurunan dalam respons sel-T.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement