Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Tiga Perintah yang Selalu Dikaitkan di Dalam Alquran

Kamis 09 Dec 2021 01:14 WIB

Red: Irwan Kelana

Muzaki saat membayar zakat kepada petugas di depan Masjid Al Azhar, Jakarta, Selasa (11/5). Alquran menegaskan perintah menegakkan shalat dan membayar zakat paling tidak di 32 ayat.

Muzaki saat membayar zakat kepada petugas di depan Masjid Al Azhar, Jakarta, Selasa (11/5). Alquran menegaskan perintah menegakkan shalat dan membayar zakat paling tidak di 32 ayat.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Salah satu  di antaranya, perintah taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Alquran menegaskan sejumlah perintah  yang saling berkaitan.  “Di dalam Alquran paling tidak ada tiga hal yang selalu dikaitkan satu dengan yang lainnya,” kata Guru Besar IPB University dan UIKA Ibnu Khaldun, Prof Dr KH Didin Hafihuddin MS saat mengisi pengajian rutin Sekolah Bosowa Bina Insani  (SBBI) Bogor, pekan lalu.

Pengajian tersebut selama ini digelar tiap Jumat pagi, dan diikuti oleh para guru dan karyawan SBBI.  Namun, selama Covid-19, pengajian guru dan karyawan itu dihentikan sementara, dan baru dibuka kembali pekan lalu. Itu pun dilaksanakan secara daring.

Prof Didin menjelaskan, pertama, taat kepada Allah dan Rasul-Nya.  “Ketaatan kepada Allah selalu dikaitkan dengan taat kepada Rasu. Jadi, kalau kita taat kepada Allah, maka kita juga harus taat kepada Rasul. Ketaatan kepada Allah dengan mencintai Alquran dan melaksanakan perintahnya. Ketaatan  kepada Rasul dengan melaksanakan Sunnah-nya,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kedua, kata Kiai Didin, syukur dan ibadah kepada Allah  dan berbakti kepada kedua orang tua. “Ini sesuatu yang selalu dikaitkan di dalam Alquran: beribadah kepada Allah dan berbakti kepada orang tua.  Bahkan, kata Allah, walaupun orang tua kita bukan Muslim, kita tetap wajib menghormati dan memperlakukannya dengan baik,” tegasnya.

Pentingnya bakti kepada orang tua juga ditegaskan di dalam hadits Rasulullah SAW. “Ridho allah tergantung ridho orang tua. Murka allah tergantung murka orang tua. Demikian salah satu hadits Rasulullah SAW,” paparnya.

Ketiga, shalat dan zakat. “Allah memerintahkan kita untuk menegakkan shalat dan mengeluarkan zakat.  Tidak boleh hanya rajin shalat, tapi tidak mau membayar zakat. Kata Nabi, tidak ada zakat bagi orang yang tidak mau shalat. Dan tidak ada shalat bagi orang yang tidak mau berzakat. Paling tidak ada 32 ayat Alquran yang mengaitkan perintah shalat dan zakat,” tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile