Kamis 09 Dec 2021 10:06 WIB

Inilah Tim-Tim yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Liga Champions tinggal menanti Atalanta dan Villarreal untuk melengkapi 16 tim.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Logo Liga Champions. Undian babak 16 besar Liga Champions agak digelar Senin (13/12).
Logo Liga Champions. Undian babak 16 besar Liga Champions agak digelar Senin (13/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions harus menunggu hingga Senin (13/12) untuk mengetahui lawan mereka di fase gugur. Undian akan digelar pada pukul 18.00 WIB.

Inggris kembali dominan dengan mengirimkan empat wakil ke babak gugur. Tiga menjadi unggulan, yakni Liverpool, Manchester City, Manchester United (MU) sementara juara bertahan Chelsea justru jadi non-unggulan karena finis kedua di grup.

Baca Juga

Tim-tim lain yang jadi unggulan adalah Ajax, Real Madrid, Bayern Muenchen, Juventus, dan Lille. Sementara lawan mereka selain Chelsea adalah satu di antara Paris Saint-Germain, Atletico Madrid, Sporting Lisbon, Inter Milan, Benfica, RB Salzburg, dan Atalanta atau Villarreal.

Dengan komposisi ini, bisa terjadi duel Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi jika MU terundi melawan Paris Saint-Germain (PSG). Atau laga Kylian Mbappe dengan klub idolanya Real Madrid jika PSG terundi menghadapi raksasa Spanyol tersebut.

Di babak 16 besar, tim yang berasal dari satu negara tak bisa bertemu. Demikian juga halnya tim yang sebelumnya berada dalam satu grup.

Berikut ini penjelasan tim-tim yang lolos dari tiap-tiap grup:

GRUP A

PSG mengalahkan Club Brugge 4-1 di kandang berkat dua gol dari Kylian Mbappe dan Lionel Messi. Sementara Manchester City telah mengamankan posisi teratas sebelum kalah 2-1 di kandang RB Leipzig.

GRUP B

Atletico Madrid merebut tempat kedua setelah mengalahkan Porto 3-1, dengan Liverpool finis di puncak grup mereka setelah memenangkan semua pertandingan di babak penyisihan grup. Setelah kekalahan dari Atletico, Porto akan berpartisipasi di babak 32 besar Liga Europa.

GRUP C

Ajax finis di puncak grup setelah memenangkan semua enam pertandingan, dengan striker mereka Sebastian Haller saat ini menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions. Sporting menempati posisi kedua dan Borussia Dortmund akan bermain di Liga Europa.

GRUP D

Real Madrid mengamankan posisi teratas dengan kemenangan melawan Inter Milan yang menempati posisi kedua. Sheriff Tiraspol turun ke Liga Europa.

GRUP E

Bayern Muenchen telah memastikan lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E bahkan sebelum menaklukkan Barcelona 3-0. Sementara Barcelona harus tersingkir dari Liga Champions dan menyaksikan Benfica naik ke peringkat kedua setelah kemenangan 2-0 atas Dynamo Kiev. Barcelona kini berlaga di 32 besar Liga Europa.

GRUP F

Manchester United berhasil finis sebagai juara grup meskipun harus berjuang di laga pamungkas yang berakhir imbang 1-1 melawan Young Boys. Sementara Villarreal dan Atalanta akan saling berhadapan untuk memperebutkan posisi kedua pada Jumat (10/12) dini hari WIB.

GRUP G

Di grup yang sama ketat Lille memastikan diri sebagai juara grup setelah menaklukkan Wolfsburg 3-1. Sementara di peringkat ketiga ada RB Salzburg yang menutup laga terakhir grup dengan kemenangan tipis 1-0 atas Sevilla.

GRUP H

Juventus berhasil keluar sebagai pemuncak grup setelah hasil pada laga terakhir fase grup. Juventus yang menang tipis 1-0 atas Malmo naik ke puncak ketika di partai berbeda, Chelsea bermain imbang 3-3 melawan Zenit.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UEFA Champions League (@championsleague)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement