Kamis 09 Dec 2021 18:21 WIB

Kompetisi Penelitian Siswa SMP Digelar di Bandung

Jumlah naskah yang masuk mencapai 1.061 judul.

Red: Fernan Rahadi
Para pelajar dari seluruh Indonesia berkumpul di Bandung untuk memperebutkan gelar terbaik dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) tingkat SMP pada 7-13 Desember 2021.
Foto: dokpri
Para pelajar dari seluruh Indonesia berkumpul di Bandung untuk memperebutkan gelar terbaik dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) tingkat SMP pada 7-13 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Para pelajar dari seluruh Indonesia berkumpul di Bandung untuk memperebutkan gelar terbaik dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (Kopsi) tingkat SMP pada 7-13 Desember 2021. Kompetisi Kopsi Tingkat Nasional Tahun 2021 adalah ajang kompetisi bidang penelitian bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat di Indonesia. 

Peserta Kopsi SMP Tingkat Nasional adalah peserta didik yang lolos seleksi pada tahap penyisihan. Mereka  berkompetisi pada tiga bidang, yakni Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni; IImu Pengetahuan Alam dan Lingkungan; dan IImu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Walau masih dalam keadaan pandemi Covid-19, upaya maksimal terus dilakukan, agar pelaksanaan Kopsi terus memiliki kredibilitas yang baik. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya meningkatkan standar kualitas pelaksanaan Kopsi, baik dari manajemen dan penilaian, serta terus menjunjung aspek moralitas, seperti kejujuran, sportivitas, empatik, simpatik dalam pelaksanaan lomba, sehingga setiap peserta merasa berkompetisi secara sehat. 

Lahirnya gagasan Kopsi tidak dapat dilepaskan dari upaya pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains. Kopsi merupakan wadah bagi peserta didik dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017, khususnya bidang sains.