Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

10 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Festival Bangga Mesin Buatan Indonesia 2021 Promosikan Produk Dalam Negeri

Kamis 09 Dec 2021 13:14 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBI) pada Selasa (15/9).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBI) pada Selasa (15/9).

Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Festival mesin lahir menduung kebijakan substitusi impor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIFest) kembali digelar untuk kedua kalinya. Acara yang dihadirkan oleh Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) itu sebagai upaya menyosialisasikan produk lokal serta membuka akses masyarakat agar lebih mudah belanja produk lokal, terutama produk Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Setelah sebelumnya digelar pada 2020 dan mendapatkan antusias masyarakat. Pada 2021, BMBIFest kembali dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan potensi mesin-mesin buatan dalam negeri berkualitas serta mempermudah akses masyarakat Indonesia menemukan pelaku IKM pembuat mesin lokal untuk mendukung usahanya. 

Baca Juga

Program ini juga bertujuan memperluas pemasaran, melakukan transaksi bisnis dan memperkuat jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia. “Perlahan tapi pasti, kita harus dapat membuat peralatan dan permesinan yang dibutuhkan oleh Industri dengan kualitas yang diharapkan. BMBI Fest juga lahir dengan semangat untuk mendukung kebijakan substitusi impor,” jelas Plt Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Reni Yanita pada acara pembukaan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia secara virtual, Kamis (9/12).

Reni juga menyampaikan, acara festival ini kembali dilaksanakan bekerja sama dengan Blibli.com yang juga mendorong agar IKM permesinan bergabung dalam virtual hub produk IKM permesinan di Blibli dengan nama official store Galeri Mesin Lokal. Virtual hub ini menampung IKM permesinan dengan 7 kategori produk, yaitu mesin pengolahan makanan dan minuman; mesin industri lainnya; mesin atau alat kesehatan; elektronik atau kelistrikan; alat atau mesin teknologi tinggi; alat atau mesin pertanian dan perikanan; dan alat transportasi. 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile