Jumat 10 Dec 2021 14:46 WIB

UMSU Tiga Tahun Beruntun Jadi Kampus Swasta Terbaik di Sumut

UMSU jadi perguruan tinggi swasta terbaik di lingkungan LLDikti Wilayah I Sumut.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof Dr Agussani.
Foto: Dok Muhammadiyah
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof Dr Agussani.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk ketiga kalinya tampil sebagai juara umum perguruan tinggi swasta terbaik di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumaera Utara (Sumut). Rektor UMSU, Prof Agussani, mengatakan, prestasi sebagai juara umum Monev Mutu yang diraih tersebut merupakan hasil pendampingan yang selama ini dilakukan LLDikti Wilayah I Sumut.

Selain itu, sambung dia, tentu tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen seluruh sivitas akademika yang bahu-membahu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai kriteria standar Monev Mutu Tri Darma Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah I Sumut. Prestasi yang diraih UMSU sekaligus menjadi motivasi tersendiri bagi UMSU dalam kualitas pelayanan pendidikan sesuai tuntutan sembilan standard.

Baca Juga

"Raihan prestasi UMSU yang mampu mempertahankan posisi sebagai juara umum Monev Mutu LLDikti Sumut dari 191 perguruan tinggi swasta di Sumut menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan UMSU ke depannya," katanya di Kota Medan, Provinsi Sumut, Jumat (10/12).

Hasil monitoring dan evaluasi LLDIkti Sumut yang diumumkan pada Kamis (9/12) , menempatkan UMSU kembali meraih juara umum terbaik Tahun 2021 dari 191 perguruan tinggi swasta di Sumut. Hal itu berarti UMSU berhasil mempertahankan juara umum dalam Monev Mutu perguruan tinggi swasta terbaik versi LLDikti Sumut selama tiga tahun berturut, yakni 2019, 2020, dan 2021.

LLDikti Sumut menggunakan tujuh kategori sebagai indikator penilaian yang meliputi kategori arsitektur, sistem penjaminan mutu internal, pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan sumber daya manusia.

Kepala LLDikti Sumut, Prof Ibnu Hajar Damanik mengatakan, capaian prestasi UMSU luar biasa karena sesungguhnya mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraih yang terbaik. Prestasi yang diraih UMSU, sambung dia, merupakan bukti komitmen dan konsistensi UMSU dalam menjalankan sistem penjaminan mutu internal. Hal ini bisa jadi model untuk diikuti kampus lain.

"Diharapkan dengan pemberian penghargaan Monev Mutu LLDikti akan menjadi motivasi bagi perguruan tinggi swasta untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatra Utara," kata Ibnu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ هُوَ قَاۤىِٕمٌ عَلٰى كُلِّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْۚ وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ ۗ قُلْ سَمُّوْهُمْۗ اَمْ تُنَبِّـُٔوْنَهٗ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى الْاَرْضِ اَمْ بِظَاهِرٍ مِّنَ الْقَوْلِ ۗبَلْ زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مَكْرُهُمْ وَصُدُّوْا عَنِ السَّبِيْلِ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ
Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap jiwa terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang lain)? Mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah. Katakanlah, “Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu.” Atau apakah kamu hendak memberitahukan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau (mengatakan tentang hal itu) sekedar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya bagi orang kafir, tipu daya mereka itu dijadikan terasa indah, dan mereka dihalangi dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang memberi petunjuk baginya.

(QS. Ar-Ra'd ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement