Terjebak di Lift, Anggota Komisi IV Minta Lift Diganti yang Baru

Anggota Komisi IV yang terjebak mengusulkan lift-lift di Kompleks Parlemen ganti baru

Jumat , 10 Dec 2021, 22:00 WIB
 Anggota Komisi IV DPR Fraksi Partai Gerindra Darori Wonodipuro baru saja terjebak di lift Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta.
Foto: Tangkapan layar
Anggota Komisi IV DPR Fraksi Partai Gerindra Darori Wonodipuro baru saja terjebak di lift Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IV DPR Fraksi Partai Gerindra Darori Wonodipuro  terjebak di lift Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Jumat (10/12). Ia mengusulkan, agar lift-lift yang ada di Kompleks Parlemen diganti dengan yang baru.

"Jangan sampai kejadian seperti ini terulang. Kalau udah gini liftnya jangan dipelihara, tapi diganti lah yang baru," ujar Darori kepada wartawan.

Baca Juga

Ia pun menceritakan kronologi dirinya bersama seorang staf dan petugas keamanan terjebak di lift yang mengalami kendala tersebut. Pada sekira pukul 13.00 WIB, ia selesai menjalani ibadah sholat Jumat di lantai 21 Gedung Nusantara I.

Setelah masuk ke dalam lift, beberapa detik kemudian lift yang ia naiki bersama dua orang tersebut mengalami kerusakan dan kehilangan daya. Lift yang semula masih berada di lantai 21, langsung terjun ke lantai 13 Gedung Nusantara I.

"Tahu-tahu turun dari lantai 21, beberapa detik grek grek grek los ke bawah sampai lantai 13. Kami tidak tahu di lantai 13 karena lift mati," ujar Darori.

Ia dan dua orang yang terjebak kurang lebih selama lima menit di dalam lift yang mati. Darori pun kemudian menggedor-gedor pintu lift untuk meminta bantuan.

"Takut, karena ini kalau lama-lama kan tidak bisa nafas. Pikirannya udah negatif, tapi kami bersama staf dan pamdal, tiga orang," ujar Darori.

Kendati demikian, Darori mengungkapkan bahwa ia sudah dievakuasi dari lift yang terkendala itu. Ia melanjutkan kegiatannya untuk menghadiri pertemuan virtual di daerah pemilihannya.

Ia mengaku bersyukur mengalami kejadian tersebut di saat hari kerja. "Karena ini kan hari kerja, coba kalau hari kosong, tidak ada ngawal, udah, siapa mau bukakan? Kantor udah sepi, untung masih dikasih kesempatan, " tutur Darori.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian tersebut. "Pada hari Jumat, tanggal 10 Desember 2021, telah terjadi trip power Lift P3 di lantai 13, mengakibatkan lift berhenti mendadak dan tidak level," ujarnya.

Indra menjelaskan, ketiga orang tersebut terjebak selama tiga menit di dalam lift tersebut. Adapun situasi saat ini, Darori dan dua orang yang menemaninya sudah dikeluarkan dari lift tersebut.

"Lift sudah bersertifikat laik fungsi dari Menakertrans. Sementara sudah dilakukan inspeksi terhadap inverter lift dimaksud dan antisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa," ujar Indra.

Kejadian mati lift bukan kali pertama terjadi, sebelumnya Gedung DPR/MPR sempat mengalami pemadaman listrik selama 45 menit pada Kamis (24/9) pukul 12.05 WIB. Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Achmad Baidowi mengungkapkan, ada sejumlah orang yang terjebak di lift saat mati listrik.

Ia menjelaskan, ada dua lift yang terjebak di lantai 6 dan 18 Gedung Nusantara I. Tetapi, Baidowi tidak mengetahui jumlah orang yang terjebak di dalamnya. "Sekarang sudah teratasi. Alhamdulillah aman dan selamat," ujar Baidowi saat dikonfirmasi, Kamis (24/9).