Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

18 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

35 Ide Kebaikan Sederhana yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Jumat 10 Dec 2021 22:30 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

35 Ide Kebaikan Sederhana yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

35 Ide Kebaikan Sederhana yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Berbuat baik pada dasarnya tidaklah sulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuat baik pada dasarnya tidaklah sulit. Meskipun kerap kali kita merasa tidak memiliki waktu atau uang untuk melakukan tindakan yang baik, terlepas dari niat baik kita.

Sebenarnya, kita bisa menjadi baik dan dermawan bahkan tanpa mengeluarkan uang. Dengan kebaikan itu, kita berharap bisa meraih pahala dari Allah Swt. Islam sendiri mengajarkan bahwa setiap perbuatan baik adalah sedekah (amal), sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Baca Juga

Berikut 35 ide untuk berbuat baik yang bisa kita lakukan dengan mudah sebagai bagian dari iman atau amal kebaikan, seperti dikutip di About Islam, Selasa (7/12):

1. Beri perpanjangan waktu untuk seseorang yang berutang kepada kita agar mereka bisa mengembalikan utang tersebut atau maafkan dan ikhlaskan utang itu sama sekali. Sebab, sebuah hadits mengatakan, "Barangsiapa ingin Allah menyelamatkannya dari kesulitan di hari kiamat, ia harus memberikan lebih banyak waktu untuk peminjam yang kekurangan uang atau melunasi utangnya sama sekali." (Muslim).

2. Ajari anak meski satu ayat pendek dari Alquran. "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain." (Bukhari)

3. Menanam sesuatu yang bisa dimakan. "Jika seorang Muslim menanam sesuatu atau menabur benih yang dimakan manusia, burung, atau binatang, hal itu termasuk sedekah baginya." (Bukhari, Muslim)

4. Katakan sesuatu yang akan membantu menciptakan perdamaian antara dua orang. Hal ini dianggap sebagai perbuatan amal. (Bagian dari Hadits dalam Bukhari dan Muslim).

5. Ambilkan segelas air untuk seseorang. Hal ini juga dianggap sebagai amal kebaikan.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile