Senin 13 Dec 2021 17:53 WIB

Deretan Mobil Listrik Beserta Daya Jelajahnya, Siapa Paling Kuat?

Daya jelajah merupakan perhatian utama konsumen dalam membeli mobil listrik.

Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Mobil Listrik
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Mobil Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Daya jelajah atau jarak yang bisa ditempuh dalam sekali pengisian baterai merupakan salah satu perhatian utama konsumen dalam membeli mobil listrik. Produsen mobil listrik menggunakan sertifikasi dari lembaga resmi, seperti Environmental Protection Agency (EPA) dari Amerika Serikat, untuk menyatakan jarak tempuh mobil listrik yang mereka jual.

Melalui sertifikasi itu, mobil listrik yang akan diterjunkan ke pasar harus diuji dengan standar tertentu berdasarkan regulasi federal. Mengutip laman Electrek, sebelum pengujian, baterai mobil listrik diisi hingga penuh kemudian mobil diletakkan di atas perangkat pengujian jarak dinamometer. Mobil itu akan dihidupkan dan berjalan di atas dinamometer selama semalaman, atau sampai baterainya habis.

Baca Juga

Pada pengujian selanjutnya, mobil akan dikendarai oleh pengemudi profesional untuk berkeliling kota dengan berbagai kondisi lalu lintas hingga baterainya habis total. Mobil dengan baterai yang habis itu kemudian diisi kembali daya listriknya hingga penuh, lalu dihitung berapa konsumsi kilowatt-hours (kWh) yang digunakan kemudian dibagi dengan jarak yang telah ditempuh saat pengujian.

Dengan demikian, potensi perbedaan angka jarak tempuh antara hasil pengujian dengan yang hasil yang didapat konsumen tetap ada. Sebab, jarak tempuh mobil listrik juga dipengaruhi gaya mengemudi dan kondisi lalu lintas yang berbeda-beda.

Laman Electrek merangkum daftar merek mobil listrik dengan daya jelajah terjauh berdasarkan perhitungan sertifikasi dari Environmental Protection Agency (EPA) AS, berikut ulasannya:

photo
Lucid Air - (CNET)
 

Lucid Air Dream Edition

Bukan Tesla, tapi Lucid Air yang menyabet predikat mobil listrik dengan daya jelajah paling jauh berdasarkan sertifikasi EPA, yakni 520 mil (836,8 km). Lucid Air menggunakan 112.0-kWh baterai pack DC fast-charging. F

itur pengisian cepatnya memungkinkan mobil itu menjelajah hingga 300 mil (482km) hanya dalam 20 menit pengisian baterai. Varian lain dari Lucid Air juga memiliki daya jelajah tinggi, antara lain Lucid Air Grand Touring (516 mil), Lucid Air Dream Performance (471 mil) dan Lucid Air Touring (406 mil).Tesla Model S Long Range

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَحْلِفُوْنَ بِاللّٰهِ مَا قَالُوْا ۗوَلَقَدْ قَالُوْا كَلِمَةَ الْكُفْرِ وَكَفَرُوْا بَعْدَ اِسْلَامِهِمْ وَهَمُّوْا بِمَا لَمْ يَنَالُوْاۚ وَمَا نَقَمُوْٓا اِلَّآ اَنْ اَغْنٰىهُمُ اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗ مِنْ فَضْلِهٖ ۚفَاِنْ يَّتُوْبُوْا يَكُ خَيْرًا لَّهُمْ ۚوَاِنْ يَّتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللّٰهُ عَذَابًا اَلِيْمًا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَمَا لَهُمْ فِى الْاَرْضِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ
Mereka (orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti Muhammad). Sungguh, mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan menginginkan apa yang mereka tidak dapat mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), sekiranya Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di bumi.

(QS. At-Taubah ayat 74)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement