Senin 13 Dec 2021 16:49 WIB

Persib Bandung Berbenah

Menatap putaran kedua, Persib langsung mengganti pemain yang dianggap melempem.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung harus membayar mahal kemenangan atas Persik Kediri. Pasalnya kemenangan 1-0 harus dibayar dengan cedera pemain kunci Persib, Marc Klok.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengakui Klok sudah mengeluh soal cedera kakinya di babak pertama. Namun Robert tak menyangka harus menarik Klok di laga yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Ahad (12/12) tersebut.

Baca Juga

"Mengejutkan bagi kami dia harus ditarik keluar. Kami sudah bertanya padanya saat jeda pertandingan apakah dia bisa melanjutkan pertandingan dan dia menyanggupinya," kata Robert usai laga.

Sayangnya, Klok tidak bertahan lama untuk merasa kuat dari cederanya tersebut. Akibatnya, jajaran pelatih melakukan pergantian pemain di luar rencana dengan menarik Klok di menit 50 dan menggantinya dengan Abdul Aziz.

"Tapi dalam satu gerakan di awal babak kedua dia mengalami cedera dan harus ditarik keluar. Ini menjadi pelajaran bagi kami karena ini berpengaruh pada opsi pergantian pemain," kata Robert.

Di saat yang sama, gelandang Persib lainnhya, Dedi Kusnandar pun tidak dalam kondisi terbaiknya. Berbeda dari Klok, Dedi baru ditarik keluar sebelum laga berakhir.

"Ini jadi pelajaran bagi kami soal mencari tahu bagaimana kondisi pemain saat jeda pertandingan," kata Robert.

Namun mantan pelatih PSM Makassar ini tetap melihat hal positif dari cedera pemain. Hal ini karena tim akan libur usai putaran pertama berakhir.

"Tapi kabar bagusnya adalah kini ada waktu istirahat bagi pemain terutama yang cedera sehingga bisa pulih sepenuhnya di putaran kedua nanti," kata Robert.

Persib memang sedang dihadapkan dengan badai cedera. Selain cedera pemain pilar, sejumlah nama juga dipanggil timnas. Namun, persoalan utama adalah soal belum moncernya penampilan sejumlah pemain.

Langkah nyata pun diambil. Satu pemain sudah pasti akan keluar dari skuad Maung Bandung.

Dia adalah Geoffrey Castillion. Persib pun tak perlu waktu lama untuk mencari pengganti. Persib resmi menggunakan jasa pemain asal Brasil, David Da Silva.

David Da Silva sebelumnya bermain untuk klub asal Malaysia, Trengganu FC. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengkonfirmasi kedatangan David Da Silva.

"Kontrak Geoffrey akan habis bulan ini dan atas rekomendasi tim pelatih, kita akan ganti dengan David Da Silva," kata Teddy, Senin (13/12).

Dalam laman resmi Persib, David Da Silva baru akan bergabung dengan tim pada pekan depan. David Da Silva bukan nama asing bagi Persib, sudah sejak tiga pekan lalu, namanya dirumorkan sebagai pemain anyar Persib.

Teddy mengakui setiap perekrutan pemain adalah hasil rekomendasi jajaran pelatih. Dia menilai David Da Silva layak direkrut dengan prestasi dia baik saat di Trengganu maupun saat masih berkiprah di sepak bola Indonesia.

"Melihat kinerja David Da Silva di Liga Malaysia dan Indonesia sebelumnya, maka tim pelatih merekomendasikan David Da Silva," kata Teddy. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memang belum angkat suara soal didatangkannya mantan pemain Persebaya ini. Namun dalam laga terakhir Persib kontra Persik, Robert menjanjikan putaran dua yang lebih baik.

"Jangan lupakan juga kami kehilangan banyak pemain, ada beberapa pemain yang tidak bersama kami. Kini transfer window dibuka dan kami akan melihat ke depan tentang itu," kata Robert.

Hingga hari ini, Persib masih ada di papan atas klasemen dengan 34 angka, menempati peringkat kedua. Persib tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen, Bhayangkara FC.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement