Selasa 14 Dec 2021 20:47 WIB

Kinerja Kementerian BUMN Ciamik, Elektabilitas Erick Thohir Terkerek Naik

Elektabilitas Erick naik mendapatkan banyak prestasi selama menjadi menteri BUMN.

Red: Karta Raharja Ucu
Elektabilitas Erick Thohir terkerek naik karena kinerja yang baik selama menjabat sebagai menteri BUMN.
Foto: Kementerian BUMN
Elektabilitas Erick Thohir terkerek naik karena kinerja yang baik selama menjabat sebagai menteri BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, ada tiga tokoh yang secara konsisten diinginkan publik mejadi calon wakil presiden. Ketiga nama tersebut adalah Meteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sementara untuk bursa calon presiden, Prabowo Subianto masih menjadi paling tinggi dukungannya yaitu mencapai 35,5 persen, disusul Ganjar Pranowo yang meraih 30 persen. Sedangkan untuk calon wakil presiden, survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menyebutkan Sandiaga Salahuddin Uno masih menduduki peringkat teratas dengan 37,1 persen, diikuti oleh Erick Thohir sebesar 12,8 persen.

Data itu didapat dari survei dilakukan dalam rentang 2 sampai 6 November 2021 menggunakan metode multistage random sampling kepada 2.020 responden, margin of error survei mencapai 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Indikator Politik Indonesia juga membuat simulasi Presiden dan Wakil Presiden. "Jika pemilihan dilakukan saat ini, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir masih yang paling diminati oleh responden dengan angka 31,1 persen."

Indikator Politik Indonesia juga membuat simulasi lain dengan calon presiden dan wakil presiden yang berbeda. Simulasi Prabowo Subianto dan Puan Maharani juga masih primadona dari responden Indikator Politik Indonesia dengan angka 29,6 persen. Disusul dengan ketat oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto (28,8 persen) dan Anies Baswedan dan Erick Thohir (28,2 persen).

Yang menarik dari survei yang dibuat oleh Indikator Politik Indonesia, nama Erick Thohir selalu berada di puncak jika disandingkan dengan calon presiden favorit versi Indikator Politik Indonesia. Burhanuddin mengatakan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir selalu konsisten dengan elektabilitas tinggi. Bahkan dari simulasi sembilan calon wakil presiden yang dibuat oleh Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir menduduki peringkat ke-2 setelah Sandiaga Salahuddin Uno dengan angka 12,8 persen.

Elektabilitas yang tinggi terhadap Erick Thohir juga sebelumnya disampaikan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Colsulting Pangi Syarwi Chaniago. Menurut pria yang akrab disapa Ipang, Erick Thohir saat ini sangat potensial untuk jadi capres maupun cawapres pada Pemilu 2024 dari klaster menteri.

Menurut Ipang, ini disebabkan Erick Thohir memiliki banyak prestasi dan capaian selama menjabat sebagai Menteri BUMN. Prestasi tersebut bisa menjadi modal awal yang sangat berharga untuk mendongkrak elektoral Erick Thohir pada Pemilu 2024.

"Prestasi dan capaian Erick Thohir saat ini adalah bagian dari bonus elektoral modal untuk Pilpres 2024," katanya.

Dari berbagai survei yang dilakukan oleh Institute for Democracy and Strategic Affair (Indostrategic) yang dirilis pada Agustus 2021 dan Charta Politika juga menyebutkan elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir ini selalu konsisten berada diperingkat atas. Prestasi yang kinclong ini dari Kementrian BUMN ini tercermin juga di survei yang dibuat Indikator Politik Indonesia. Kinerja Kementrian BUMN yang dipimpin oleh Erick Thohir dinilai baik oleh responden Indikator Politik Indonesia. Bahkan kinerja Kementrian BUMN setara dengan Menhan dan Menparekraf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement