Selasa 14 Dec 2021 22:03 WIB

Waspadalah Inter Milan, Salah Bukan yang Dulu Lagi

Mo Salah dalam kepercayaan diri tinggi menyusul performa apiknya awal musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah. Inter Milan wajib mewaspadai Salah saat Inter jumpa Liverpool di babak 16 besar Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah. Inter Milan wajib mewaspadai Salah saat Inter jumpa Liverpool di babak 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Di tanah Italia, Mohamed Salah menemukan kembali dirinya. Dinilai gagal bersaing dalam memperebutkan satu tempat di tim inti Chelsea, Salah meninggalkan kepulauan Inggris dan kembali ke daratan Eropa, tepatnya di Italia.

Tawaran peminjaman dari Fiorentina pada awal musim 2014/2015 disambut baik the Blues. Salah, yang membutuhkan suasana baru, tidak keberatan untuk dengan kesempatan pertama menjajal kompetisi Serie A Liga Italia. Toh, menilik situasinya di the Blues, yang hanya tampil di 19 laga selama dua musim, penyerang asal mesir itu tidak akan kehilangan apapun dengan kepindahan ke Fiorentina tersebut.

Baca Juga

Performa Salah bersama Fiorentina pun tidak terlalu buruk, jika tidak ingin dibilang memuaskan. Dari 26 penampilan di sepanjang musim 2014/2015, Salah mengemas sembilan gol dan empat assist.

Musim berikutnya giliran AS Roma yang mengajukan proposal peminjaman Salah kepada Chelsea. Pada musim keduanya di Italia, Salah tampil jauh lebih baik. Penyerang yang kini berusia 29 tahun itu terbukti mampu beradaptasi begitu cepat dengan gaya sepak bola di Italia.

Sebanyak 14 gol dari 34 penampilan sudah cukup membuat Roma mengaktifkan opsi perekrutan secara permanen Salah pada akhir musim. Grafik permainan Salah terus meningkat. Catatan gol Salah bertambah pada kesempatan kedua memperkuat Roma dengan koleksi 15 gol dari 34 laga di Serie A.

Kesempatan kedua buat Salah untuk kembali merumput di Liga Primer Inggris akhirnya datang lewat pinangan Liverpool. Dengan modal kepercayaan diri dan kemampuan yang telah meningkat, Salah datang sebagai pemain yang berbeda pada kesempatan kedua merumput di Inggris.

Pada musim debutnya memperkuat the Reds, Salah mengakhiri musim 2017/2018 sebagai top skorer Liga Primer Inggris dengan torehan 32 gol dari 36 laga. Total, Salah mencetak 44 gol di sepanjang musim tersebut.

Catatan performa itu tercatat meanjadi torehan prestasi terbaik Salah di selama kariernya. Namun, prestasi ini agaknya dilewati Salah pada musim ini. Maklum, Salah tengah melakoni start terbaik di sepanjang kariernya dengan mencetak 21 gol dari 22 laga di semua ajang, termasuk 14 gol dari 16 penampilan di Liga Primer Inggris.

Torehan Salah kian kinclong dengan keberhasilan menyumbang sembilan assist di pentas Liga Primer Inggris. Salah pun menempati posisi teratas daftar sementara top skorer dan penyedia assist.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement