Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Polda Metro Periksa Joseph Suryadi yang Diduga Hina Nabi Muhammad SAW

Selasa 14 Dec 2021 22:45 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Polda Metro Jaya memeriksa Joseph Suryadi.

Polda Metro Jaya memeriksa Joseph Suryadi.

Foto: Istimewa
Joseph mengaku kehilangan ponsel dan bukan ia yang membuat status tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya mulai menyelidiki kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh seorang laki-laki bernama Joseph Suryadi. Penyidik Polda Metro Jaya kemudian melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. "Masih diperiksa sekarang, masih diambil keterangan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (14/12).

Meski demikian, Zulpan belum bisa mengungkapkan lebih lanjut mengenai penyelidikan tersebut karena proses pemeriksaan masih berlangsung. Hanya saja, kata dia, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan dilakukan lantaran banyaknya pihak yang menanyakan soal perkara tersebut kepada kepolisian melalui media sosial (medsos).

Baca Juga

"Pantauan siber Polda terkait yang sekarang banyak ditanyakan orang, kemudian Polda Metro Jaya ambil keterangan. Saya belum bisa ambil pernyataan dulu, tunggu hasil pemeriksaan selesai dulu," ujar mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan tersebut.

Zulpan menyebut, berdasarkan keterangan awal yang diterima, Joseph mengaku kehilangan ponselnya. Sehingga bukan ia yang membuat status penghinaan yang viral tersebut. "Hilang, katanya begitu. Makanya nanti kalau sudah selesai diperiksa tim siber Polda Metro Jaya nanti baru bisa diambil keterangan ya, sekarang belum tuntas," ujarnya.

Pemeriksaan terhadap Joseph berawal dari ramainya tagar #TangkapJosephSuryadi di Twitter. Tagar tersebut mengaitkan Joseph dengan karikatur yang diduga berisi konten penistaan agama yang disebarkan melalui grup Whatsapp yang isinya menghina Nabi Muhammad SAW dan Siti Aisyah. Joseph membuat status tidak pantas hingga banyak orang marah atas penghinaan tersebut.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile