Rabu 15 Dec 2021 14:40 WIB

Pengobatan Diabetes tidak Mudah karena Bersifat Progresif

Gambaran klinis dan komplikasi diabetes pada setiap orang berbeda-beda.

Red: Nora Azizah
Gambaran klinis dan komplikasi diabetes pada setiap orang berbeda-beda (Foto: ilustrasi diabetes)
Foto: Essential Health Info
Gambaran klinis dan komplikasi diabetes pada setiap orang berbeda-beda (Foto: ilustrasi diabetes)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes sebagai salah satu penyakit kronis yang angka kasusnya tergolong di Indonesia, yakni hampir mencapai 19 juta kasus. Pengobatannya tergolong tak mudah karena memiliki sifat yang progresif.

Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI), Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD, mengatakan, kendati diabetes termasuk sebagai penyakit yang memiliki sifat progresif, gambaran klinis dan komplikasi yang terjadi berbeda-beda pada setiap orang. "Mekanismenya kompleks, rumit dan setiap orang berbeda-beda fenotipe-nya. Jadi, gambaran klinisnya berbeda-beda dengan berbagai komplikasi yang berbeda. Jadi, mengobatinya juga tidak gampang," ujar dia dalam Diskusi Publik Layanan Tatalaksana Penyakit Kronis Terintegrasi dan Inovatif yang digelar daring, Rabu (15/12).

Baca Juga

Di sisi lain, diabetes juga bisa terkait suatu kegagalan yang disebabkan oleh berbagai aspek seperti dari faktor pasien yang kurang pengetahuan tentang penyakitnya dan akses. Selain itu, faktor dokter yang terlalu banyak pasien.

Menurut Prof Suastika, bila sudah terjadi komplikasi diabetes, maka tidak hanya akan membawa kesakitan dan risiko kematian yang tinggi pada pasien, tetapi juga biaya yang harus dikeluarkan pemerintah maupun pasien. Hal lain yang juga menyulitkan pengobatan diabetes, yakni sistem berupa aksesibilitas layanan kesehatan untuk pasien, ditambah ketersediaan obat yang sebenarnya cukup banyak disediakan melalui mekanisme BPJS.

"Sistem ini yakni aksesibilitasnya. Bisa tidak semua orang mengakses pelayanan kesehatan. Lalu ketersediaan obat. Sebenarnya obat dari BPJS cukup banyak, tetapi apakah semua itu ada di seluruh pelosok negeri ini," kata Prof Suastika.

Selain itu, perlu juga ketersediaan laboratorium walau sederhana seperti untuk pemeriksaan gula darah, HbA1C dan urin. Terkait telemedisin dalam pengobatan diabetes, Prof Suastika berpendapat kehadiran layanan ini memperbaiki sekaligus mempercepat akses pelayanan kesehatan terutama bagi mereka dengan berbagai kendala.

"Karena diabetes salah satu penyakit kronik yang sifatnya tidak berubah setiap saat, bukan harian, maka tepat sekali pasien-pasien dengan diabetes ini bisa diterapkan layanan yang bersifat telemedisin," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement