Rabu 15 Dec 2021 17:02 WIB

Mancini Ingatkan Kembali Soal Performa Apik Timnas Italia di Euro 2020

Mancini ingin Italia segera memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini. Mancini ingin Italia segera memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini. Mancini ingin Italia segera memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Timnas Italia terancam mengulangi prestasi buruk saat gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Mengakhiri putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa sebagai runner-up Grup C, Italia masih harus berjuang di babak play-off untuk bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022.

Sebanyak 12 tim yang tampil di babak play-off akan memperebutkan tiga tiket terakhir tampil di putaran final Piala Dunia 2022 sebagai wakil Eropa. Di babak play-off, yang mulai digelar pada pertengahan Maret 2022 mendatang, Italia tergabung di jalur C bersama Makedonia Utara, Turki, dan kampiun Piala Eropa 2016, Portugal.

Baca Juga

Apabila bisa melewati adangan Makedonia Utara di babak semifinal, Italia akan menghadapi pemenang dari laga semifinal lainnya, Portugal kontra Turki.

Pelatih Italia, Roberto Mancini, berharap, para penggawa Gli Azzurri bisa segera melupakan dan tidak terbebani dengan kegagalan untuk segera memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Eks pelatih Manchester City itu justru mengingatkan kembali soal penampilan impresif Gli Azzurri di sepanjang putaran final Piala Euro 2020.

Kendati terhitung bukan salah satu kandidat terkuat pada awal turnamen, Italia malah bisa mengakhiri edisi terakhir kompetisi antaranegara Eropa itu sebagai yang terbaik.

''Kami mesti bisa merayakan kembali prestasi terakhir itu. Sangat penting buat kami belajar dari kesuksesan itu. Apa yang kami lakukan di turnamen itu benar-benar luar biasa. Para pemain juga tampil luar biasa. Tentu, kami ingin mengulangi hal itu sesegera mungkin,'' kata Mancini seperti dikutip Football Italia, Rabu (15/12).

Performa Giorgio Chiellini dan kawan-kawan di putaran final Euro 2020 memang terbilang istimewa. Dalam melangkah ke singgasana juara Euro 2020, Gli Azzurri tercatat tidak pernah satu kali pun menelan kekalahan. Dari tujuh laga, Italia mengemas lima kemenangan dan dua hasil imbang.

Tidak hanya itu, keberhasilan mencetak 13 gol di sepanjang putaran final Euro 2020 merupakan catatan gol terbanyak Italia di sepanjang partisipasi di pentas Piala Eropa. Di partai final Euro 2020, yang digelar di Stadion Wembley, Italia sukses membungkam Inggris, 3-2, via babak adu penalti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement