Rabu 15 Dec 2021 17:40 WIB

5 Selebritas Ternama Korea Ini Pernah Diboikot

Bullying, tindak kekerasan, hingga kebohongan membuat selebritas ini diboikot.

Red: Nora Azizah
Seo Ye Ji merupakan salah satu selebritas Korea Selatan yang pernah terkena cancel culture atau diboikot.
Foto: www.wikimedia.com
Seo Ye Ji merupakan salah satu selebritas Korea Selatan yang pernah terkena cancel culture atau diboikot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kehidupan bermedia sosial, banyak muncul budaya baru salah satunya cancel culture. Profesor dari University of Michigan, Lisa Nakamura mengungkapkan bahwa cancel culture adalah budaya boikot terhadap selebriti, merek, perusahaan, atau konsep tertentu. Awal mula terbentuk cancel culture ditandai dengan istilah "renrou sousuo" pada tahun 1991.

Dikutip dari The New York Times, istilah "renrou sousuo" mengacu pada upaya warganet China untuk menjawab pertanyaan atau mencari informasi tentang orang-orang tertentu. Mereka menggabungkan informasi dari pencarian online dan offline lalu memposting hasilnya secara publik sehingga orang tersebut mendapat kecaman verbal serta dikeluarkan dari komunitas.

Baca Juga

Kasus cancel culture sendiri cukup banyak terjadi di Korea Selatan. Bentuk cancel culture yang terjadi adalah pembatalan sejumlah kontrak, penurunan jumlah penggemar, pengurangan scene bahkan penghapusan peran dalam drama/film. Skandal apapun yang mencuat akan menekan sang public figure dalam waktu hitungan menit, meskipun kebenarannya masih dipertanyakan.

Bahkan hal pribadi yang mungkin bukan masalah bagi negara lain, bisa menjadi sasaran empuk warganet Korea Selatan. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar beberapa artis Korea Selatan yang mengalami cancel culture seperti dikutip dari laporan Catatan Movie, Rabu (15/12).

1. Seo Ye Ji

Pada 12 April 2021 Seo Ye Ji terkena rumor bullying, toxic-relationship, berbohong mengenai kuliah di Spanyol, hingga berperilaku kasar terhadap stafnya. Ia terpaksa mundur dari drama korea Island. Beberapa brand turut membatalkan kontrak dengannya.

Seo Ye Ji dikabarkan harus membayarkan penalti sekitar 3 miliar won. Setelah rumor tersebut terbukti tidak benar, Seo Ye Ji kembali muncul di akun instagramnya dan mulai kembali syuting untuk drama Eve’s Scandal pada 21 November 2021 yang akan tayang di paruh awal tahun 2022 nanti. 

2. Kim Ji Soo

Ji Soo dilaporkan terlibat dalam rumor kekerasan di sekolah pada 2 Maret 2021. Selain itu, ada juga kasus pencurian, penghinaan dan pelecehan seksual. Rumor tersebut diakui sang aktor secara langsung di tanggal 4 Maret. Ji Soo meminta maaf dan mengundurkan diri dari drama River When The Moon Rises.

Ia juga digugat rumah produksi Victory Contents karena diduga menyebabkan kerugian sekitar 3 miliar won. Akan tetapi, pada 6 Juli kuasa hukum Ji Soo menyatakan untuk kasus pelecehan seksual terbukti tidak benar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement