Kamis 16 Dec 2021 07:03 WIB

Tingkatkan Inklusi Keuangan di Aceh, Askrindo Syariah Gelar Literasi Penjaminan

Transformasi digital juga didorong untuk sektor keuangan syariah.

Red: Gilang Akbar Prambadi
keuangan syariah/ilustrasi
Foto: alifarabia.com
keuangan syariah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH -- Askrindo Syariah mendukung pemerintah dalam meningkatkan Inklusi Keuangan Syariah khususnya dalam bidang penjaminan. Kali ini, Askrindo Syariah menggelar kegiatan Literasi Penjaminan Syariah dengan mengusung tema "Inklusi Penjaminan Syariah pada Sektor UMKM di Era Digital" di Aceh, Rabu (15/12).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring maupun luring dengan menghadirkan pembicara dari OJK, Bank Aceh, Bank Syariah Indonesia, serta LPDB-KUMKM.

Baca Juga

“Penguatan ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif serta pembiayaan ekonomi yang harmonis dengan lingkungan ekonomi syariah dan digitalisasi," kata Komisaris Utama Askrindo Syariah, Siti Ma'rifah.

"Pada kongres ekonomi umat beberapa waktu lalu Presiden menyampaikan bahwa akan mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dan menghadirkan lembaga penjaminan syariah untuk usaha ultra mikro dan makro yang mudah, murah dan aman. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat terciptanya model bisnis unggulan daerah yang dijalankan dengan profesional. Selain itu Presiden juga meminta porsi penjaminan pembiayaan untuk UMKM ditingkatkan dari 20% menjadi 30%," ujarnya menambahkan.

Ia mengatakan, kehadiran Bank Syariah Indonesia dan dukungan dari Bank Daerah secara khusus diharapkan berperan juga untuk mendorong UMKM dalam rangka penguatan ekonomi syariah secara Nasional.

Sementara itu, Direktur Utama Askrindo Syariah, Soegiharto mengatakan, sektor UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun, di tengah kondisi saat ini banyak UMKM yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, hal tersebut mendorong seluruh bisnis untuk melakukan transformasi digital sehingga dapat selalu mengikuti perkembangan zaman.

photo
Kegiatan pemberian literasi keuangan syariah di Aceh. - (Dok. Ask)

"Penyelenggaraan acara ini bertujuan dalam rangka meningkatkan literasi UMKM tentang penjaminan syariah dimana hal ini merupakan salah satu bentuk nyata yang dilakukan oleh Askrindo Syariah dalam mendukung program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar UMKM dapat bangkit kembali di tengah pandemi dalam era digitalisasi," ujarnya.

“Askrindo Syariah selalu berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada seluruh Mitra Bisnis dalam melakukan penjaminan pembiayaan serta berusaha selalu berperan aktif dalam Ekosistem Syariah secara Nasional," ujarnya menambahkan.

Selain itu, guna memudahkan para mitra bisnis Askrindo Syariah, Soegiharto mengatakan, Askrindo Syariah terus melakukan peningkatan sistem digitalisasi agar dapat memberikan kecepatan dan kemudahan layanan kepada Mitra Bisnis di seluruh Indonesia, selain itu Askrindo Syariah juga akan terus melakukan pengembangan inovasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan Mitra Bisnis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement