Ahad 19 Dec 2021 12:08 WIB

UMP Fasilitasi Sertifikasi Halal UMKM

UMP siap berkomitmen dan mendukung penuh pelaku UMKM mendapatkan sertifikat halal.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fuji Pratiwi
Logo halal (ilustrasi). UMP fasilitasi sertifikasi halal UMKM.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Logo halal (ilustrasi). UMP fasilitasi sertifikasi halal UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sentra Halal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar pelatihan penyusunan sistem jaminan halal dan penyedia halal. Pelatihan ini diberikan untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Banyumas, Jawa Tengah.

Acara pada Kamis (16/12) ini menghadirkan Rektor UMP Dr Jebul Suroso, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Sumber Daya Manusia

Baca Juga

Dr Anwar Ma'ruf MT, Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Banyumas (ASPIKMAS).

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, bahwa UMP siap berkomitmen dan mendukung penuh pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal. "UMP Insya Allah berkomitmen untuk mendukung penuh terkait dengan penyelenggaraan halal senter pendampingan edukasi dan juga mudah mudahan di proses sertifikasi halal khususnya bagi teman-teman pengelola UMKM yang ada di Wilayah Banyumas dan sekitarnya," kata Jebul dalam rilis yang diterima Republika, Ahad (19/12).

Jebul mengatakan, UMP akan menjadi rumah UMKM oleh karena itu komitmen UMP adalah menyiapkan para pengusaha UMKM dan produknya untuk tersertifikasi halal. "Setidaknya kita semua paham bahwa halal itu penting dan kita perlu menyediakan yang halal bagi masyarakat,” ujarnya.

Ketua Sentra Halal UMP Dr apt Diniatik berharap kegiatan ini dapat mengedukasi dan mendampingi pelaku usaha UMKM untuk pengajuan sertifikasi halal. Saat ini pelatihan penyedia halal dan penyusunan sistem jaminan produk halal sedang proses di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) karena isu sertifikasi halal yang sudah bergulir selama beberapa tahun terakhir.

"Salah satu syarat pengajuan sertifikasi halal adalah sudah ada penyedia halalnya. Sangat penting karena akan melakukan sistem jaminan halal secara internal berjalan dengan baik," jelas Diniatik.

Menurutnya, kuncinya ada di penyedia produk halal. Pelatihan ini diikuti oleh UMKM sebagai pelaku usaha, beberapa internal dari UMP yang akan menambah barisan di sentra halal terutama untuk penyedia halal, sehingga nanti bisa mengedukasi dan mendampingi UMKM untuk pengajuan sertifikasi halal.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha industri Kecil Menengah Banyumas (ASPIKMAS) Pujianto berterimakasih kepada UMP atas dukungan dan fasilitas terhadap pelaku UMKM.

"Kami ucapkan terimakasih ke halal center. Memang salah satu kebutuhan UMKM adalah pendampingan legalisasi usaha, salah satunya pendampingan halal," kata Pujianto.

Menurutnya teman-teman UMKM sudah difasilitasi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Ia berharap sampai benar-benar ada sertifikasi halal .

"Ke depannya karena memang masih banyak sekali teman-teman UMKM yang belum mendapatkan lebel halal, baru tahap PIRT. semoga ini menjadi momentum awal lebih besar lagi, untuk lebih banyak lagi, kuota forum anggota pelatihan seperti ini," ujar Pujianto.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَذَانٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْاَكْبَرِ اَنَّ اللّٰهَ بَرِيْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ ەۙ وَرَسُوْلُهٗ ۗفَاِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِى اللّٰهِ ۗوَبَشِّرِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ
Dan satu maklumat (pemberitahuan) dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrik. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih,

(QS. At-Taubah ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement