Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bungkam Malaysia 4-1, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Ahad 19 Dec 2021 14:35 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pemain timnas Indonesia Irfan Jaya (kiri) dan Pratama Arhan (kanan) merayakan gol ke gawang Malaysia dalam pertandingan Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12) malam. Indonesia berhasil menang dengan skor 4-1 sekaligus menjadi juara grup dan maju ke babak semifinal.

Pemain timnas Indonesia Irfan Jaya (kiri) dan Pratama Arhan (kanan) merayakan gol ke gawang Malaysia dalam pertandingan Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12) malam. Indonesia berhasil menang dengan skor 4-1 sekaligus menjadi juara grup dan maju ke babak semifinal.

Foto: PSSI
Indonesia juara Grup A dan akan menjajal runner-up Grup B Singapura di semifinal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia mempermalukan Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12) malam WIB. Skuad Garuda menang 4-1 atas Malaysia.

 

Malaysia langsung memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Indonesia di menit-menit awal pertandingan. Beberapa peluang mengancam gawang Indonesia, tapi beruntung Asnawi dkk bisa keluar dari ancaman di sepuluh menit pertama.

Baca Juga

Malaysia lebih dulu membobol gawang Indonesia di menit ke-13 melalui tendangan setengah voli dari Kogileswaran setelah memanfaatkan buangan tidak sempurna dari Irfan Jaya. Malaysia pun unggul 1-0 atas Indonesia.

Di menit ke-35 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui umpan tarik Witan Sulaeman ketika melanjutkan umpan terobosan dari Rachmat Irianto. Irfan yang berada di depan gawang lawan berhasil memaksimalkan peluang tersebut untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Di sepuluh menit terakhir babak pertama, Indonesia terus menekan pertahanan Malaysia. Pada menit ke-43 akselerasi dari Pratama Arhan ke kotak penalti Malaysia berhasil memberikan peluang bagi Irfan di mulut gawang Malaysia yang dengan mudah mencetak gol untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Di babak kedua, Elkan Baggot masuk menggantikan Ramai Rumakiek. Di menit-menit awal Ricky Kambuaya langsung melakukan percobaan tapi bola membentur bek dan menghasilkan tendangan sudut bagi Indonesia.

Indonesia langsung memperbesar keunggulan di menit ke-50 melalui situasi tendangan sudut. Arhan menerima operan di luar kotak penalti dan langsung melepaskan tendangan terukur dengan kaki kirinya. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Irfan hampir mencetak hattrick di menit ke-55 saat menerima umpan dari Irianto di mulut gawang Malaysia. Sayang, tendangannya masih melenceng tipis di kanan gawang Malaysia.

Di menit ke-68, Baggot membuat peluang pertamanya saat menerima umpan dari Irfan. Beruntung bagi Malaysia tandukan Baggot masih meleset dari sasaran. Selanjutnya Evan Dimas masuk menggantikan Irianto.

Di menit ke-80 Indonesia kehilangan peluang saat Witan mengumpan ke tengah kepada Yudo. Akan tetapi Yudo terlalu jauh dari posisi sehingga bola hanya menghasilkan tendangan sudut. Selanjutnya Indonesia akhirnya mencetak gol keempat melalui tandukan Baggot saat menerima umpan tendangan sudut. Skor 4-1 untuk Indonesia.

Kemenangan ini mengantar Indonesia menjuarai Grup B dan lolos ke semifinal. Di laga semifinal, skuad asuhan Shin Tae-yong akan menjajal kekuatan tuan rumah Singapura yang lolos dari Grup A sebagai runner-up.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile