Selasa 21 Dec 2021 05:18 WIB

Belajar Pengalaman Hidup dari Arnold Schwarzenegger

Arnold Schwarzenegger mendapat banyak pengalaman hidup dari dunia hiburan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Arnold Schwarzenegger mendapat banyak pengalaman hidup dari dunia hiburan (Foto: Arnold Schwarzenegger)
Foto: EPA
Arnold Schwarzenegger mendapat banyak pengalaman hidup dari dunia hiburan (Foto: Arnold Schwarzenegger)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengalamannya selama puluhan tahun di dunia hiburan, olahraga, hingga politik membuat Arnold Schwarzenegger mendapatkan banyak pelajaran hidup yang berharga. Salah satu dari pelajaran hidup tersebut adalah tak memedulikan pembenci.

Schwarzenegger ingin agar para generasi muda juga menerapkan hal ini di dalam kehidupan mereka agar bisa mengembangkan potensi masing-masing dengan optimal. Terkait hal ini, Schwarzenegger juga berbagi cerita mengenai Dick Fosbury.

Baca Juga

"(Fosbury adalah) seorang insinyur yang pernah mengalami patah tangan saat mencoba melompati sebuah kursi, kemudian memenangkan medali emas Olimpiade untuk lompat tinggi," ungkap Schwarzenegger, seperti dilansir Men's Health, Selasa (21/12).

Dari segi fisik, Fosbury mungkin bukan sosok yang paling atletis di dunia. Akan tetapi, dia memanfaatkan ilmunya sebagai insinyur untuk bisa melompat tanpa menyentuh mistar pada tiang lompat tinggi dengan cara melengkungkan punggung lalu menjatuhkan diri melewati mistar dengan cara tertentu.

"Cara ini dikenal sebagai Fosbury Flop, dan setiap pelompat tinggi menggunakannya saat ini," jelas Schwarzenegger.

Schwarzenegger meminta agar generasi muda mengingat kisah ini setiap kali ada orang yang meremehkan kemampuan mereka. Menurut Schwarzenegger, akan selalu ada cara untuk bisa mengembangkan diri sebaik mungkin berdasarkan kemampuan masing-masing.

"Pikirkan tentang itu bila ada seseorang yang mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak cukup baik," ungkap Schwarzenegger.

Menurut Schwarzenegger, kunci utama untuk mencapai tujuan adalah bersikap ulet, menghargai setiap pencapaian kecil yang berhasil diraih, dan tidak berkecil hati serta tetap fokus pada tujuan bila mengalami kemunduran. Hal lain yang perlu dilakukan adalah tidak mendengarkan perkataan negatif atau meremehkan yang diucapkan orang lain.

"Terus berjuang untuk mimpi Anda, bila kita mendengarkan semua orang yang berkata tidak pada kita, kita tidak akan bangun dari tempat tidur, dan pencapaian terbesar kita hanya menemukan tontonan baru di Netflix," jelas Schwarzenegger.

Di sisi lain, Schwarzenegger mengimbau agar generasi muda tidak harus menunggu sesuatu yang besar untuk berbuat sesuatu. Bila hal ini dilakukan, Schwarzenegger mengatakan Fosbury mungkin akan berhenti melompat setelah terjatuh dari kursi dan tak akan memenangkan medali emas sebagai atlet Olimpiade.

"Bila salah satu dari Anda kesulitan menemukan gairah dalam hidup, cari beberapa inspirasi, meski Anda sedang berada di titik tergelap, selalu ada cahaya di ujung terowongan," ungkap Schwarzenegger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement