KONI Jatim Serahkan Bantuan untuk Korban Terdampak Semeru

Red: Muhammad Fakhruddin

KONI Jatim Serahkan Bantuan untuk Korban Terdampak Semeru (ilustrasi).
KONI Jatim Serahkan Bantuan untuk Korban Terdampak Semeru (ilustrasi). | Foto: Antara/Hamka Agung

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menyerahkan bantuan dari KONI se-Indonesia untuk korban terdampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Senin (20/12).

"Walaupun tidak banyak, kami serahkan dalam bentuk uang karena pemanfaatannya bisa lebih fleksibel. Semoga ini bisa meringankan sebagian beban saudara kita dan pemerintah daerah yang terdampak," ujar Sekretaris Umum KONI Jatim Suwanto kepada wartawan.

Didampingi Bendahara Umum KONI Jatim Sumania, bantuan sebesar Rp125 juta tersebut diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono di Kantor Badan Kepegawaian Daerah setempat.

Mantan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim itu mengatakan penggalangan dana bantuan merupakan inisiatif Ketua KONI Pusat Marciano Norman saat digelarnya Rakernas KONI, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Marciano menginstruksikan kepada KONI seluruh Indonesia untuk turun tangan dan membantu korban Gunung Semeru di Lumajang. Sementara itu, Sekda Lumajang Agus Triyono berterima kasih kepada seluruh KONI di Indonesia atas uluran tangan kepada masyarakat terdampak Semeru. "Bantuan yang disalurkan sesuai yang kami harapkan, yakni uang tunai. Selanjutnya akan kami teruskan ke Baznas Lumajang sesuai instruksi bapak bupati," katanya.

Agus menambahkan donasi uang tunai ini akan dimanfaatkan untuk kebutuhan pascabencana, salah satunya adalah mempersiapkan hunian sementara untuk para korban. Ia menjelaskan, terdapat lima titik yang dibidik, salah satunya lahan seluas 80 hektare di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

"Akan dibangun 2.000 unit rumah sebagai hunian sementara. Kebutuhan riil bisa lebih besar ketika pemerintah menginstruksikan warga yang masuk zona merah harus direlokasi. Targetnya dua bulan ini harus bisa terbangun," tutur Agus.

Terkait


Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Masih Terus Berlangsung

Hari ini Tercatat 10.400 Warga Tersebar di 406 Titik Pengungsian Erupsi Semeru

PVMBG: Guguran Awan Panas Semeru Keluar dari 2 Sumber

Gunung Semeru Alami Dua Kali Gempa Guguran

Ganjar Dorong Kagama untuk Terus Hadirkan Manfaat Bagi Bangsa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark