Selasa 21 Dec 2021 12:29 WIB

Lakukan 2 Perkara Ini Saat Hadapi Musibah atau Masalah

Islam mengajarkan untuk bersabar saat hadapi musibah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Islam mengajarkan untuk bersabar saat hadapi musibah. Ilustrasi sabar
Foto: Republika
Islam mengajarkan untuk bersabar saat hadapi musibah. Ilustrasi sabar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apa yang harus dilakukan jika ditimpa ujian atau musibah sedangkan di sisinya tidak ada yang bisa membantu menyelesaikannya?  

Dilansir dari laman Elbalad, Senin (20/12), penasihat Mufti Mesir yang juga anggota fatwa Dar Al Ifta, Syekh Dr Majdi Ashour, menjelaskan ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama adalah bersabar, dan kedua, adalah banyak-banyak mengucapkan 'subhaanallah wa bihamdih'.   

Baca Juga

Syekh Ashour mengingatkan, dengan melakukan dua hal tersebut, maka akan berada di bawah rahmat Allah ﷻ. Allah ﷻ berfirman: 

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ

 

"Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika engkau bangun." (QS At Tur ayat 48) 

Maksud dari 'Ketika engkau bangun' yaitu bangun untuk bekerja atau sholat atau setelah bangun dari tidur.

Anggota Fatwa Darul Ifta yang lain, Syekh Uwaidah Utsman, menambahkan, ketika ditimpakan musibah yang menekan seorang Muslim dan tidak ada seorang pun yang membantunya, maka di situlah kesempatan untuk memanjatkan doa dan berserah diri kepada Allah SWT.

"Dan setiap orang yang menderita kesedihan, harus berdoa sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Imam Bukhari," paparnya. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ الكريم ، لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ والأرْضِ، ورَبُّ العَرْشِ الكريم

La ilaha illallahul 'adhimul halimu la ila illallahu rabbul 'arsyil karimu, la ilaha illallahu rabbus samawati wal ardhi, wa rabbul 'arsyil karimu 

Tidak ada tuhan selain Allah yang Mahagung dan Mahabijaksana, tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan Arsy yang mulia, tidak ada Tuhan selain Allah, tuhan langit dan bumi, dan Tuhan arsy yang mulia. 

Syekh Utsman menyampaikan, doa itu sudah cukup untuk dipanjatkan seorang Muslim yang sedang tertekan oleh masalah yang dihadapinya. Karena doa itu mencakup pujian untuk Allah SWT. "Dan selama Anda memuji Allah, maka Allah akan menghilangkan kesusahan Anda," ujar dia.

 

Sumber: elbalad 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement