Selasa 21 Dec 2021 15:18 WIB

Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas Indonesia Hindari Kartu Kuning

Pemain timnas Indonesia sering mendapatkan kartu karena permainan agresif.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pemain tmnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) dan rekannya Irfan Jaya di Piala AFF 2020 (ilustrasi). Pelatih Shin Tae yong meminta para pemainnya berhati-hato menghindari kartu kuning.
Foto: Antara/Humas PSSI
Pemain tmnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) dan rekannya Irfan Jaya di Piala AFF 2020 (ilustrasi). Pelatih Shin Tae yong meminta para pemainnya berhati-hato menghindari kartu kuning.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemainnya untuk sebisa mungkin menghindari kartu kuning selama pada fase gugur Piala AFF 2020. Ia tak ingin pemain tak bisa dimainkan karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu.

"Para pemain harus lebih berhati-hati terhadap kartu kuning," ujar Shin dalam konferensi pers sebelum laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, Selasa (21/12) siang.

Baca Juga

Indonesia menjadi tim yang paling banyak mendapatkan kartu kuning selama fase penyisihan grup Piala AFF 2020. Total, Evan Dimas dan kawan-kawan mengoleksi sembilan kartu kuning. Ramai Rumakiek sebagai pemain tersering memperoleh kartu tersebut yakni dua kali.

Meski demikian, Shin menilai banyaknya kartu kuning itu tidak lepas dari gaya permainan Indonesia. Di Piala AFF 2020, timnas Indonesia kerap menampilkan taktik menekan lawan sejak lini depan dengan tujuan mendapatkan bola secepat mungkin. Inilah yang membuat adu tubuh tak terhindarkan sehingga beberapa di antaranya berujung pada pemberian kartu kuning oleh wasit.

"Pemain mendapatkan kartu kuning karena mereka bekerja keras di lapangan. Meski demikian, ada juga yang karena keputusan (wasit) yang kurang memuaskan," kata Shin.

Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (21/12), mulai pukul 19.30 WIB atau 20.30 waktu Singapura. Sementara leg kedua berlangsung pada Sabtu (25/12), di lokasi dan waktu yang sama.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement