Penumpang KA Meningkat Jelang Nataru

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Penumpang menaiki kereta api jarak jauh di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (21/12). Jelang libur Natal dan Tahun Baru kepadatan penumpang kereta api jarak jauh mulai terlihat di stasiun Senen.Prayogi/Republika
Penumpang menaiki kereta api jarak jauh di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (21/12). Jelang libur Natal dan Tahun Baru kepadatan penumpang kereta api jarak jauh mulai terlihat di stasiun Senen.Prayogi/Republika | Foto: Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Hingga H-4 masa angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sudah ada 51.789 penumpang naik dan 47.519 turun KA di wilayah Daop 6 Yogyakarta. Artinya, ada rata-rata 12 ribu penumpang naik dan 11 ribu penumpang turun per harinya.

Masa angkutan Nataru ditetapkan 17 Desember 2021-4 Januari 2022. Manajer Humas Daop 6, Supriyanto mengatakan, setiap hari ada 30 KA jarak jauh keberangkatan /kedatangan Daop 6 serta 38 KA jarak jauh melintas dan 32 perjalanan KA lokal.

Selain itu, disiapkan delapan KA tambahan, empat KA relasi Solo-Gambir PP dan empat KA relasi Yogyakarta-Gambir PP. Supriyanto menuturkan, Daop 6 memastikan hanya pelanggan yang sesuai ketentuan yang boleh berangkat naik selama pandemi.

Ia menekankan, pemeriksaan akan dilakukan petugas-petugas di stasiun. Pelanggan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, nantinya tiket akan dibatalkan dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Baca Juga

Maka itu, ia mengingatkan, perhatikan syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam perjalanan menggunakan KA pada Nataru 2022 ini. Seperti vaksin bagi pelanggan di usia di atas 12 tahun serta membawa hasil negatif Rapid Test Antigen maupun PCR.

"Terutama untuk keberangkatan 24 Desember 2021-2 januari 2022 sesuai SE Kemenhub Nomor 112/2021 pelanggan di atas 17 tahun harus sudah divaksin dosis lengkap dan di bawah 12 tahun harus menunjukkan hasil negatif PCR yang berlaku 3x24 jam," kata Supriyanto.

Tiket KA pada masa Nataru sendiri sudah dapat dipesan masyarakat melalui KAI Access, website KAI dan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lain. Masyarakat bisa menghubungi 121, WhatsApp 0811 1211 1121, [email protected] atau medsos KAI121.

Pada masa Nataru ini, KAI menghadirkan posko di berbagai daerah untuk memastikan pelayanan berjalan dengan lancar. Kemudian, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin dan memastikan sarana maupun prasarana kereta api dalam kondisi andal.

"KAI akan terus memantau mobilitas masyarakat pada moda transportasi KA dan akan menyediakan layanan KA yang aman, nyaman, selamat dan sehat selama Nataru 2022," ujar Supriyanto melalui rilis tertulis yang diterima Republika, Rabu (22/12). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


KAI Pastikan Tertibkan Aset Perusahaan Sesuai Prosedur 

ASN Kota Bandung Dilarang Cuti Saat Libur Nataru

Menhub: Sudah 4 Ribu Orang ke Luar Negeri per Hari Ini

Tempat Publik di Semarang Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun

Jelang Nataru, 280 Aparat Gavungan Disiapkan di Puncak Bogor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark