Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kota Bogor Raih Penghargaan Kota Ramah Sepeda

Rabu 22 Dec 2021 04:22 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan

Warga bersepeda di jalur khusus untuk sepeda di Kota Bogor, Jawa Barat.

Warga bersepeda di jalur khusus untuk sepeda di Kota Bogor, Jawa Barat.

Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Walkot Bogor Bima Arya sebut saat ini Kota Bogor miliki 25,8 kilometer jalur meter.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Kota Bogor meraih Bike to Work (B2W) Indonesia Award sebagai Kota Ramah Sepeda bersama Yogyakarta kategori Kota Besar atau Ibukota Provinsi. Saat ini Kota Bogor memiliki jalur sepeda sepanjang 25,8 kilometer.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengatakan jalur sepeda pertama kali dibangun di Kota Bogor pada 2015. Jalur sepeda tersebut awalnya dibangun di sekitar Istana dan Kebun Raya Bogor, kemudian dilanjutkan di ruas jalan lainnya.

Baca Juga

“Total hingga tahun ini, kita sudah dan sedang memiliki 25,8 kilometer jalur khusus sepeda meliputi jalur Sistem Satu Arah (SSA), Jalan Pajajaran mulai dari Warung Jambu hingga Lippo Ekalokasari), Jalan Juanda dan Jalan Sudirman. Menyusul di ruas jalan lainnya,” ujar Bima Arya, Selasa (21/12) malam.

Menurut Bima, penyediaan jalur sepeda ini tidak sekadar sebagai sarana olahraga, juga bagian dari konsep green transportation yang terus dikembangkan di kota hujan ini. Seperti mengurangi angkutan kota (angkot), mengganti angkot menjadi bus, serta menambah fasilitas pejalan kaki dan pesepeda.

“Selain itu, kita berharap jalur sepeda yang banyak dibangun ini membuat Kota Bogor mempunya daya tarik lebih sehingga ke Bogor bukan hanya untuk lari tapi bersepeda, wisata kuliner dan lain-lain. Sehingga menimbulkan dampak ekonomi bagi warga,” tambahnya.

Di samping itu, Bima Arya juga memiliki keinginan untuk mengintegrasikan jalur sepeda Bogor-Jakarta sepanjang 60 kilometer yang berkolaborasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Saya ingin ajak Pak Gubernur juga untuk cicipi gowes di jalur ini. Saya sudah coba Bogor ke Jakarta bersepeda 60 kilometer. Kalau kita bangun sama-sama trek sepeda jadi opsi juga bukan hanya untuk olahraga, tapi juga mobilitas yang mendekatkan warga seputar Jabodetabek,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua B2W Indonesia, Fahmi Saimima, mengatakan B2W Indonesia Award merupakan ajang apresiasi dan pemberian penghargaan untuk insan, kelompok atau instansi yang selama ini mempunyai andil besar dalam berkomitmen dan konsisten mendorong budaya bersepeda di Indonesia.

“Juga dukungan bagi program Union Cycliste Internationale (UCI) ‘Cycling for All’ dalam mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, kesehatan, rekreasi atau kegiatan olahraga,” pungkasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile