Rabu 22 Dec 2021 13:30 WIB

Kumpul dengan Joki Balap Liar, Kapolda Bahas Street Race

Street race diharapkan ubah kebiasaan balap liar untuk hasilkan pembalap profesional.

Rep: Ali Mansur / Red: Agus Yulianto
Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran gelar pertemuan dengan joki pembalap liar di Mapolda Metro Jaya.
Foto: Dok Humas Polri
Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran gelar pertemuan dengan joki pembalap liar di Mapolda Metro Jaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menggelar pertemuan dengan para joki balap liar di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/12). Dalam pertemuan itu Fadil mendiskusikan, mengenai perhelatan street race yang bakal diselenggarakan pada awal tahun 2022 di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Ekosistem akan diikuti Polri, IMI, daerah dan komunitas yang ada. Kita buat road race drag race format series. Direncanakan ada empat series dalam satu tahun di awali di Ancol pada 15 Januari 2022," ujar Fadil Imran dalam sambutannya, Rabu (22/12).

Baca Juga

Fadil berharap, perhelatan street race juga berdampak pada perekonomian. Karena dipastikan pada saat penyelenggaraan nanti akan banyak pedagang UMKM. Juga diharapkan, street race mengubah kebiasaan balap liar menjadi ajang yang lebih bermanfaat dan bisa melahirkan pembalap-pembalap profesional.

"Diharapkan dari transformasi ini tadinya bahaya jadi aman, pelanggaran ada perlindungan. IMI sudah janji siapkan helm, sepatu, body protector, dan baju warepack agar lebih aman boleh pakai jangan bawa pulang," kata Fadil.

Selain itu, lanjut Fadil, pertarungan balapan liar, diubah menjadi ajang yang ada legitimasi dan harapannya. Kemudian juga pasti akan ada kreativitas, mulai dari mekanik, teknik balap, aksesoris, tata kelola sirkuit dan sebagainya. Pada akhirnya, kehangatan saling mencintai dan tidak ada lagi tawuran 

"Transformasi tersebut kita akan dapatkan nilai tambah, setelah itu kita ubah. Pertama keselamatan, saya pikir, saya dapat data dari dirlantas angka lakalintas lebih besar dari korban Covid-19,"  ucap Fadil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement