Rabu 22 Dec 2021 16:45 WIB

Lawan Persiba, Laga Penentuan Persis Kunci Tiket Babak Semifinal Liga 2

Persis akan menghadapi Persiba di Stadion Pakansari, Rabu (22/12) malam.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Israr Itah
Para pemain Persis Solo (ilustrasi), Persis akan menghadapi Persiba pada laga terakhir Grup X delapan besar Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (22/12) malam.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Para pemain Persis Solo (ilustrasi), Persis akan menghadapi Persiba pada laga terakhir Grup X delapan besar Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (22/12) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pertandingan terakhir Persis di babak delapan besar Liga 2 2021/2022 akan digelar pada Rabu (22/12) malam di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Persis bersua dengan Persiba Balikpapan di laga penentuan tim yang akan lolos ke semifinal dari Grup X tersebut. Laskar Sambernyawa bermodal hasil positif setelah berhasil mengungguli Sriwijaya FC pada pertandingan sebelumnya. 

"Salah satu motivasinya adalah kemenangan kemarin. Saya berharap untuk pertandingan nanti tetap lebih kerja keras lagi dari kemarin sehingga bisa memenangkan pertandingan dan jangan sampai dijadikan beban buat pemain," kata Pelatih Kepala Persis Eko Purdjianto seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu.

Baca Juga

Aspek penyelesaian akhir menjadi evaluasi tim pada pertandingan terakhir melawan Sriwijaya FC. Dua gol yang berhasil dilesakkan Persis di pertandingan tersebut berasal dari bola mati, yakni saat Beto sukses mengeksekusi bola lewat titik putih dan ketika tendangan bebas Fabiano menggandakan keunggulan menjelang akhir babak kedua. 

"Seperti biasa setiap selesai pertandingan kami selalu ada evaluasi di setiap lini terutama kemarin itu bisa bikin gol di awal babak pertama, ada kesempatan tapi tidak bisa jadi gol. Akhirnya harus susah payah walaupun dari set piece di gol kedua, babak kedua, tapi tetap kita syukuri dan evaluasi tiap pertandingan," jelas Eko.

Untuk sementara, Persis menduduki posisi kedua dengan 3 poin, unggul head to head dan selisih gol atas Sriwijaya FC yang duduk di pos ketiga. Guna meraih tiket ke babak semifinal Liga 2 musim ini, skuad asuhan Eko Purdjianto mesti meraih poin penuh atas Persiba pada laga malam nanti. 

Mengenai tim, Coach Eko menyatakan Persis siap untuk laga melawan Persiba. Dia menegaskan Persiba memiliki materi pemain berkualitas yang cukup lengkap dengan paduan pemain berpengalaman dan beberapa pemain baru yang didatangkan pada jendela transfer ketiga Liga 2 kemarin. Sehingga harus diwaspadai oleh para pemain Persis. Laskar Sambernyawa dalam kondisi optimistis bisa memetik poin penuh atas Persiba. 

"Persiapan tim untuk pertandingan melawan Persiba sangat bagus, semua dalam kondisi bagus dan siap bertanding. Kita sudah tahu pertandingan kemarin Persiba banyak pemain baru di situ. Terutama Fayrushi dari PSG Pati, yang pasti semua pemain kita waspadai. Yang pasti semua pemain Persiba patut diwaspadai karena banyak pemain berpengalaman di sana dan beberapa pemain baru yang sudah tahu cara main kita tapi tetap kita harus optimis bisa menang," paparnya.

Sementara itu, Kapten tim Persis, Eky Taufik, menyatakan tetap mengantisipasi terhadap kekuatan Persiba. Ia menegaskan para pemain tidak boleh lengah dan harus fokus sejak awal laga.

"Tentunya semua pemain Persiba perlu diwaspadai. Banyak pemain baru dan pemain lama (berpengalaman) juga di sana, jadi kita waspadai semua pemain mereka karena Persiba juga punya pemain yang berkualitas semua. Jangan sampai kita lengah dan terlena," ujar Eky.

Persis memasang target lolos ke Liga 1 musim ini. Untuk itu, Eky dan kawan-kawan wajib meraih poin penuh di laga melawan Persiba untuk mengunci tiket ke semifinal. Terkait tekanan yang muncul, Eky menyampaikan pemain tidak perlu menjadikan hal itu sebagai beban berlebih dan tetap memberikan kemampuan maksimal agar bisa memetik poin penuh dan lolos ke semifinal. 

Klasemen Grup X Liga 2

No Tim Main Selisih Gol Poin

1 RANS Cilegon FC 2 2 6

2 Persis Solo 2 1 3

3 Sriwijaya FC 2 -1 3

4 Persiba Balikpapan 2 -2 0

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement