Rabu 22 Dec 2021 17:25 WIB

Singapura Tangguhkan Tiket Bebas Karantina

Singapura akan membekukan penjualan tiket untuk penerbangan dan bus bebas karantina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Singapura akan membekukan penjualan tiket untuk penerbangan dan bus bebas karantina. Ilustrasi.
Foto: EPA
Singapura akan membekukan penjualan tiket untuk penerbangan dan bus bebas karantina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Singapura akan membekukan penjualan tiket untuk penerbangan kedatangan dan bus program perjalanan bebas karantina. Keputusan terbaru ini mempertimbangkan risiko dari virus corona varian Omicron yang menyebar cepat.

Pemerintah Singapura mengumumkan pada Rabu (22/12) bahwa tiket baru bebas karantina akan ditangguhkan sementara mulai Kamis (23/12) hingga 20 Januari 2022. "Langkah-langkah perbatasan kami akan membantu memberi kami waktu untuk mempelajari dan memahami varian Omikron, dan untuk memperkuat pertahanan kami, termasuk meningkatkan kapasitas perawatan kesehatan kami, dan membuat lebih banyak orang divaksinasi dan ditingkatkan," kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Melalui program jalur perjalanan yang divaksinasi (VTL), Singapura mengizinkan masuk bebas karantina bagi pengunjung divaksinasi penuh yang datang dari negara tertentu dengan penerbangan atau bus yang ditunjuk. Para pengunjung hanya harus menjalani tes rutin selama sepekan. Sekitar dua lusin negara terdaftar dalam program ini termasuk Australia, India, Malaysia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pemerintah mengatakan akan mengurangi kuota VTL dan penjualan tiket untuk perjalanan setelah 20 Januari. Untuk penerbangan, jumlah total tiket VTL akan dibatasi 50 persen dari kuota yang dialokasikan sebelumnya.

Pengunjung yang sudah memegang tiket pada penerbangan atau bus VTL dan yang memenuhi semua persyaratan lainnya masih dapat melakukan perjalanan di bawah program itu. Pemerintah juga mendesak orang-orang yang tiba di Singapura untuk meminimalkan interaksi sosial, menghindari pertemuan besar, dan makan di luar selama tujuh hari meskipun tes negatif.

Singapura telah mengonfirmasi 65 kasus impor Omicron, bersama dengan beberapa kasus lokal. Namun pemerintah mengatakan telah mampu membatasi penularan komunitas.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَّنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ ۗوَمَا كَانَ لِرَسُوْلٍ اَنْ يَّأْتِيَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚفَاِذَا جَاۤءَ اَمْرُ اللّٰهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُوْنَ ࣖ
Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak ada seorang rasul membawa suatu mukjizat, kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.

(QS. Gafir ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement