Kamis 23 Dec 2021 03:03 WIB

KNKT Keluarkan Audit TransJakarta, Ini Hasilnya

Dengan adanya rekomendasi itu, Tj bisa menjadi role model moda transportasi darat.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus Yulianto
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono memberikan keterangan pers terkait audit Transjakarta.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono memberikan keterangan pers terkait audit Transjakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya telah melakukan audit secara menyeluruh terkait banyaknya kecelakaan yang melibatkan TransJakarta. Menurut dia, audit dilakukan untuk memberikan rekomendasi pasti bagi TJ ke depannya.

“Dan kami harapkan dari beberapa rekomendasi ini bisa dilaksanakan. Bulan depan kita harapkan kecelakaan Tj bisa turun. Jadi sekali lagi bukan 0, realistis,” kata Soerjanto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/12). 

Dia menjelaskan, rekomendasi yang dilakukan KNKT sejauh ini merupakan hasil wawancara hingga diskusi dengan banyak pihak, termasuk manajemen TransJakarta. Dengan adanya rekomendasi itu, dia berharap jika Tj ke depannya bisa menjadi role model moda transportasi khusus darat.

“Dan sekali lagi bahwa tujuan kita satu-satunya hanya untuk keselamatan, tidak untuk siapa yang paling bertanggung jawab terhadap masalah ini,” katanya.