Kamis 23 Dec 2021 22:05 WIB

Satgas: Angka Keterisian RS Rujukan Covid-19 Secara Nasional Masih Terkendali

Angka keterisian tempat tidur RS per provinsi juga tak lebih dari 30 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Suasana Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet (kiri) di Kemayoran, Jakarta.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.
Suasana Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet (kiri) di Kemayoran, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, berdasarkan data per 19 Desember, angka keterpakaian tempat tidur atau BOR di rumah sakit rujukan Covid-19 secara nasional, baik untuk kamar isolasi maupun ICU mencapai sebesar 2,73 persen. Bahkan, kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, angka keterisian tempat tidur per provinsi juga tak lebih dari 30 persen.

“Sehingga dapat disimpulkan kondisi pelayanan di rumah sakit masih terkendali dan tidak terjadi peningkatan perawatan akibat lonjakan kasus,” jelas Wiku saat konferensi pers, Kamis (23/12).

Baca Juga

Lebih lanjut, Wiku mengatakan, hingga saat ini telah ditemukan delapan kasus positif bervarian Omicron di Indonesia. Kasus tersebut telah diskrining di pintu kedatangan dan juga telah diisolasi dan ditangani oleh tenaga kesehatan profesional.

Wiku memastikan, jika para pasien mendapatkan hasil negatif setelah menjalani masa karantina, penyintas Covid-19 tak lagi mampu menularkan virus tersebut ke orang lain.

“Meskipun demikian, kita masih harus terus waspada terutama mengingat data-data awal menunjukkan kasus Omicron cenderung bergejala ringan atau bahkan tanpa gejala,” tambahnya.

Karena itu, upaya testing, tracing, dan karantina menjadi kunci dalam melakukan skrining kasus dengan baik. Sehingga, kasus yang ditemukan dapat segera ditangani dan tak meluas.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus, pemerintah pun mendorong rumah sakit di seluruh daerah agar melakukan persiapan langkah kontingensi yakni melakukan konversi tempat tidur untuk layanan Covid-19 jika kapasitas keterisiannya sudah melebihi 60 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement